Beauty, mungkin selama ini sering kali kamu mengira kalau diabetes hanya bisa diidap oleh mereka yang sudah lanjut usia. Kata siapa? rupanya diabetes juga bisa menyerangmu di usia belia lantaran enggak bisa menjaga kesehatan dengan baik.

Diabetes merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Penyakit ini memiliki dua jenis tipe, diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 seringkali disebut sebagai diabetes autoimun. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang dan menghancurkan sel pankreas yang memproduksi insulin.

Sedangkan diabetes tipe 2 itu disebabkan oleh tubuh yang kurang sensitif terhadap insulin enggak digunakan dengan baik. Sekitar 90-95 persen pasien daibetes di dunia menderita diabetes tipe 2.

Sekadar kamu tahu aja nih, adapun ciri-ciri atau gejala penderita diabetes seperti sering haus, sering buang air kecil terutama saat malam hari, sering merasa lapar, menurunnya berat badan, lemas, pandangan kambur, infeksi pada gusi, kulit, vagina atau saluran kemih, dan gejala lainnya.

Dari gejala yang disebutkan, kamu sudah mulai mengalaminya? Ingat, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau diabetes juga bisa diidap oleh penderita dengan usia muda lho!

Untuk itu, penting benget membiasakan diri dengan pola hidup yang lebih sehat. Mengutip dari laman sindikasi Muslimah DailySelasa (18/8/2020), berikut empat kebiasaan yang bisa membantumu mencegah diabetes di usia muda.

Mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat

Penting banget untuk memerhatikan kandungan dalam setiap asupan yang kamu makan, Beauty. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula dan karbohidrat. Karena kandungan tersebut cepat dipecah oleh tubuh dan masuk ke darah. Sehingga gula darah dalam tubuh menjadi meningkat dan bila tubuh enggak menghasilkan insulin lebih banyak maka tingkat resiko terkena diabetes menjadi meningkat.

Rajin berolahraga

Daripada rebahan aja, mending berolahraga! Selain menjaga kebugaran tubuh, ternyata olahraga dapat menurunkan risiko terkena diabetes. Rajin berolahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Insulin berguna untuk menjaga kadar gula tetap stabil. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan respons dan fungsi insulin.

Berhenti merokok

Merokok dapat memberikan dampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Terdapat penelitian yang mengatakan kalau ternyata perokok aktif ataupun pasif dapat menyebabkan penyakit diabetes. Maka sangat disarankan untuk mulai berhenti merokok agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari risiko diabetes.

Konsumsi makanan sehat

Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan disarankan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak. Karena dengan mengonsumsi makanan sehat maka dapat mencegah terkena diabetes di usia muda.

Baca Juga: Beauty.... Ternyata Ini Lho Alasan Kenapa Puting Payudara Sering Gatal

Selagi masih muda, yuk terapkan pola hidup yang lebih sehat! Semoga bermanfaat!