Marula Oil adalah minyak berwarna kuning muda yang dikenal karena sifatnya yang cepat menyerap dan ringan. Ini juga digunakan sebagai bahan dalam banyak produk kecantikan seperti sabun dan parfum.

Minyak marula mengandung asam lemak monosaturasi, tokoferol, dan asam amino. Karena itu, konon menawarkan banyak manfaat untuk kulit, rambut, dan kesehatan.

Marula oil dikenal sebagai "ramuan pemuda". Minyak menakjubkan ini diperoleh dari pohon marula atau Sclerocarya birrea yang berasal dari Afrika Selatan. Telah digunakan sebagai obat alami selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan.

Minyak ini diekstrak dari kacang buah marula ini memiliki aroma kacang dan bunga. Selain minyak, banyak bagian lain dari pohon marula digunakan dalam pengobatan tradisional dan untuk memasak di Afrika.

Marula oil dikatakan memiliki sifat antioksidan, anti-penuaan, pelembab, dan emolien. Ini dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, mengurangi bekas luka dan bercak, merawat kuku yang rapuh, dan meningkatkan kesehatan rambut.

Dalam artikel ini, khusus membahas tentang manfaat marula oil untuk wajah. Simak terus ya!

Pelembap Alami

Marula oil dapat bekerja sebagai pelembap yang efektif untuk kulit kering atau aging skin karena dapat menyerap dengan cepat. Kulit kering tentu membuat tampilan tampak lebih tua, oleh sebab itu jaga hidrasi kulitmu dengan menggunakan marula oil.

Baca Juga: Apa Sih Tanda-tanda Kulit Enggak Cocok dengan Kandungan Skincare?

Dapat Membasmi Jerawat

Khasiat marula oil dapat membantu mengobati berbagai jenis jerawat dan bertindak sebagai pelembab yang baik untuk kulit berminyak. Di dalamnya juga memiliki sifat antimikroba. Dengan demikian, marula oil efektif melawan bakteri yang berkontribusi pada pembentukan jerawat dan komedo.

Minyak marula juga memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik. Karena itu, ini dapat membantu mengurangi peradangan, kemerahan, gatal, dan kekeringan yang berhubungan dengan jerawat. Namun, ada penelitian terbatas yang tersedia tentang efek minyak marula pada jerawat.

Mencegah Tanda-Tanda Penuaan

Marula oil memiliki kemampuan alami untuk melawan berbagai tanda penuaan. Kandungan di dalamnya dapat mencegah dan mengobati kerusakan yang disebabkan oleh penuaan kulit.

Baca Juga: Mau Hilangkan Minyak di Wajah Secara Alami dan Cepat? Ikuti 4 Cara Ini!

Enzim seperti elastase dan collagenase mempercepat tanda-tanda penuaan. Dengan menghambat aktivitas ini marula oil mencegah kulit kehilangan elastisitasnya. Karena itu, marula oil dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, kerutan, kekeringan, dan kusam. Ini juga dapat meningkatkan kemampuan alami kulit untuk regenerasi.