Setelah melakukan aktivitas sepanjang hari, tubuh membutuhkan istirahat. Salah satu waktu istirahat yang dinantikan oleh para pekerja adalah waktu tidur malam hari. Istirahat dengan tidur di malam hari tentu akan lebih nikmat ketika keadaan perut sudah kenyang. Oleh sebab itu, enggak sedikit orang yang memilih untuk konsumsi makanan berat saat sebelum tidur.

Eits, ternyata ada beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari saat ingin pergi tidur lho. Pasalnya makanan atau minuman yang salah dapat mengurangi jam istirahat yang berharga. Mengonsumsi makanan dan minuman yang salah juga bisa menyebabkan masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung, ginjal, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, obesitas, dan depresi. Nah, ini dia beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya kamu hindari saat sebelum tidur

1. Cokelat dan Makanan atau Minuman Berkafein

Konon, cappuccino atau cokelat batangan dapat mengganggu kualitas istirahat saat malam karena tubuh membutuhkan waktu hingga lima jam untuk menghilangkan kafein dari makanan tersebut. Menurut Timothy Rothers, direktur penelitian di Sleep Disorders and Research Center dari Henry Ford Research Center, sedikitnya 30 miligram makanan berkafein yang dikonsumsi sebelum tidur dapat merusak siklus tidurmu.

2. Makanan Pedas

Makanan India, Meksiko, dan makanan pedas lainnya adalah contoh makanan yang sebaiknya dihindarkan saat ingin tidur. Makanan pedas jika dikonsumsi dalam waktu tiga jam sebelum tidur dapat merusak pola tidurmu karena sering kali menyebabkan gangguan pencernaan dan refluks.

"Bukan karena rempah-rempah yang mengganggu tidurmu. Makanan pedas menyebabkan mulas, dan itu mengganggu tidurmu," kata Mark Mahowald, profesor neurologi di University of Minnesota Medical School, kepada Yahoo Shine.

3. Alkohol

Jika ingin memiliki kualitas tidur yang maksimal, sebaiknya kamu hindari konsumsi alkohol. Pasalnya aalkohol cenderung membalikkan efek mengantuk dalam beberapa jam. Akibatnya, kamu mungkin kehilangan waktu istirahat yang berharga.

"Alkohol memiliki dua efek. Yang pertama membuatmu tertidur, dan yang lainnya membangunkanmu tiga atau empat jam kemudian," imbuh Jerry Siegel, profesor psikiatri dan direktur Center for Sleep Research di UCLA.

4. Air

Menurut Phyllis Zee, direktur asosiasi dari Center for Sleep & Circadian Biology dan profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern Feinberg, meminum air kurang dari satu jam sebelum waktu tidur bukanlah ide yang baik. Meskipun penting untuk tetap terhidrasi, sebaiknya hindari minum air mendekati waktu tidur.

Baca Juga: Menutup Hari dengan yang Manis, Resep Singkong Fla Susu Satu Ini Bisa Jadi Pilihanmu, Yuk Cobain!

"Beri [tubuh] cukup waktu untuk membuang cairan itu sebelum tidur," katanya.