Menu

Bisa Cegah Kanker, Ini 5 Manfaat Lainnya Jika Kamu Sering Mengonsumsi Buah Nanas

12 Mei 2022 13:05 WIB
Bisa Cegah Kanker, Ini 5 Manfaat Lainnya Jika Kamu Sering Mengonsumsi Buah Nanas

Buah Nanas. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Nanas merupakan salah satu buah yang banyak penggemarnya. Apalagi jika buah ini diolah sebagai jus. Jus nanas pun menjadi minuman tropis yang populer. Selain itu, nanas juga sering menjadi buah dan sebagai obat tradisional untuk mencegah berbagai penyakit. 

Nanas dikemas dengan mangan, tembaga, vitamin B6 dan vitamin C. Berikut adalah beberapa manfaat lainnya, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (12/5/2022).

1. Dapat menekan peradangan

Buah nanas dapat membantu mengurangi peradangan yang diyakini sebagai akar penyebab banyak penyakit kronis. Hal ini mungkin sebagian besar karena kandungan bromelainnya. 

Kandungan bromelain pada nanas bisa membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh trauma, cedera, pembedahan, rheumatoid arthritis, atau osteoarthritis. 

2. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Nanas dapat berkontribusi pada sistem kekebalan yang lebih kuat. Studi tabung menunjukkan bahwa bromelain, campuran enzim yang secara alami ditemukan dalam jus nanas dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

3. Dapat membantu pencernaan

Enzim dalam buah nanas berfungsi sebagai protease. Protease membantu memecah protein menjadi subunit yang lebih kecil, seperti asam amino dan peptida kecil, yang kemudian dapat lebih mudah diserap di usus. Hal ini dapat membantu meningkatkan pencernaan pada orang yang pankreasnya tidak dapat membuat cukup enzim pencernaan. 

Baca Juga: Memiliki Kandungan yang Bermanfaat untuk Tubuh, Apa Benar Nanas Bisa Turunkan Berat Badan?

Baca Juga: Duh, Masa Iya Ibu Hamil Gak Boleh Makan Nanas? Mitos atau Fakta Ya?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.