Masa pandemik tentu mengubah berbagai macam aktifitas sehari-hari kita, termasuk pola tidur kita. Hal ini akhirnya membuat kita kehilangan orientasi waktu yang bisa mengakibatkan beberapa hal seperti jam tidur yang menjadi kacau atau rasa lelah diwaktu yang enggak seharusnya dan akhirnya membuat kita enggak bisa beristirahat di malam hari.

Lalu, kalau sudah begini kita harus bagaimana, sih? Nah, berikut ini HerStory merangkum (18/08/2020) beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi insomnia yang sedang kamu rasakan. Yuk cek!

Latihan Pernapasan

Dengan melatih pernapasan kita membantu melancarkan dan memuduhkan tidur kita. Kamu bisa mencoba teknik 4-7-8 yang mungkin bisa membantu kamu tidur di dalam hari. Jika kamu ingin mencoba cara ini, kamu bisa melakukannya sambil membaringkan tubuhmu di kasur, kemudian bernapaslah melalui mulut selama empat detik, lalu tahan napas selamat tujuh detik dan terakhir keluarkan napas melalui mulut selama delapan detik seperti suara mendesir dan ulangi cara ini selama empat kali.

Meditasi

Melakukan meditasi memang dikenal mampu membuat pikiran kita menjadi lebih tenang dan membuat tubuh menjadi lebih santai, dengan begitu kamu akan secara alami larut dalam tidur yang nyenyak. Meditasi yang mudah untuk tidur adalah dengan meraskan, menyaksikan atau mendengarkan napas dalm setiap tarikan dan buangannya dari tubuh. Kamu bisa melakukan ini sambil memikirkan kata damai ketika menarik napas dan juga kata relakan ketika membuang napas.

Hindari Makan Sebelum Tidur

Jika kamu suka makan ketika malam hari atau bahkan sebelum tidur lebih baik kebiasaan ini kamu hilangkan ya, karena makan sebelum tidur bisa mengakibatkan masalah pencernaan dan membuat rasa kantuk sulit untuk datang. Selain itu, makan sebelum tidur juga bisa membuat kita kehilangan gairah untuk tidur dan membuat tubuh merasa lelah ketika bangun keesokan paginya.

Kalau kamu terpaksa ingin makan atau mengemil di malam hari atau sebelum tidur lebih baik kamu memakan almond, kiwi, teh chamomile, jus tart cherry, lemak ikan, walnut, teh passionflower dan nasi putih saja ya!

Mendengarkan Musik

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Hui-Ling, PhD yang merupakan seorang asisten professor di Frances Pyne Bolton School of Nusring di Case Western Reserve University mengatakan bahwa mendengarkan musik sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur kamu lho!

Pada penelitian itu ditemukan bawa peserta yang mendengarkan musik tenang selama 30 hingga 45 menit sebelum tidur selama tiga bilang akan merasa kantuk lebih cepat, memiliki kualitas tidur baik dan juga bangun dengan badan yang segar.

Kamu bisa mendengarkan musik-musik dengan tempo 60 dan 80 beat per menit atau setara dengan detak jantung kita ketika tidur.

Baca Juga: Enggak Perlu Obat, Ini 3 Cara Ampuh Atasi Insomnia buat Kamu yang Sulit Tidur, Catat Baik-Baik Ya!

Selamat mencoba ya, Beauty!