Menu

Jangan Salah Moms, Air Liur Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Kulit, Apa Saja? Intip Yuk!

12 Mei 2022 19:35 WIB
Jangan Salah Moms, Air Liur Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Kulit, Apa Saja? Intip Yuk!

Illustration women with chubby cheeks (Netmed/Edited by HerStory)

HerStory, Rembang —

Mungkin  kamu termasuk orang yang pernah bertanya kenapa tubuh diciptakan memproduksi air liur. Air liur, ludah, iler, dalam istilah medisnya dikenal dengan saliva. Air liur adalah cairan bening yang diproduksi oleh kelenjar air liur. 

Kelenjar ludah memproduksi air liur sekitar 2 sampai 4 liter per hari. Meski namanya air, air liur tidak cuma terbuat dari air namun juga mengandung lendir, protein, mineral, dan enzim yang disebut dengan amilase.

Melansir dari laman hellosehat, Kamis (12/5/2022), sebuah penelitian mengungkapkan manfaat air liur terhadap penyembuhan luka.

Para peneliti sempat mengidentifikasi suatu zat dalam air ludah manusia yang ternyata bisa mempercepat penyembuhan luka. 

Temuan tersebut diketahui sempat dipublikasikan dalam The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB).

Di mana dalam hasil penelitiannya ditemukan protein kecil bernama histatin di dalam air liur yang dipercaya membunuh bakteri dan juga bertanggung jawab atas penyembuhan luka. 

Penelitian ini sempat disebut sebagai kabar baik bagi dunia medis, lantaran protein histatin ini memiliki potensi kemungkinan untuk diproduksi secara massal sebagai krim antibiotik dan alkohol gosok.

Baca Juga: Hati-hati! Penggunaan Bilik Disinfektan Berbahaya untuk Kesehatan Kulit, Ini Kata Tim Pakar COVID-19!

Baca Juga: Ini Rahasia Meditasi untuk Kulit Kecantikan, Simak Ya Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.