Belakangan ini di Indonesia terjadi fenomen bersepeda. Di tengah pandemi virus corona, masyarakat Tanah Air memilih untuk melakukan olahraga dengan bersepeda. Hal tersebut pun disambut baik oleh berbagai pihak mengingat bersepeda memiliki banyak manfaat kesehatan tubuh. Tapi, tahukah kamu bahwa bersepeda bisa menurunkan risiko kanker, penyakit jantung hingga dapat memperpanjang umur?

Para peneliti di Universitas Glasgow di Skotlandia menyarankan untuk mengendarai sepeda ke tempat kerja dapat membantu kita tetap bugar, dan bahkan menurunkan risiko terkena kanker atau penyakit jantung hingga 50 persen.

“Bersepeda semua atau sebagian dari olahraga dikaitkan dengan risiko yang jauh lebih rendah dari paparan penyakit yang merugikan,” kata Dr. Jason Gill, dari Institut Ilmu Kardiovaskular dan Medis, dikutip dari Medical Daily (19/8/2020).

Penelitian lain tahun 2008 yang diterbitkan dalam British Journal of Cancer menemukan hubungan langsung antara waktu yang dihabiskan untuk bersepeda dan risiko didiagnosis dengan kanker, dan tingkat pemulihan kanker. Hasilnya menunjukkan bahwa bersepeda selama setengah jam mengurangi risiko kanker hingga 34 persen. Selain itu, jika penderita kanker terbiasa mengendari sepeda setiap hari 33 persen lebih mungkin untuk bertahan hidup dan pulih dari kanker.

Baca Juga: Waduh! Riset: Wanita Lebih Rentan Mengidap Penyakit Jantung

Tak hanya itu, bersepeda ke tempat kerja dikaitkan dengan menurunnya risiko penyakit jantung, kanker, dan semua penyakit penyebab kematian. Mengendarai sepeda ke tempat kerja menyebabkan risiko terkena kanker 45 persen lebih rendah dan risiko penyakit jantung 46 persen lebih rendah. Secara keseluruhan, mereka yang bersepeda memiliki risiko kematian dini 41 persen lebih rendah.