Merokok jadi salah satu faktor risiko seseorang terinfeksi COVID-19. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa perokok 5 kali lebih berisiko terinfeksi virus corona. Salah satu faktor mengapa perokok lebih rentang terinfeksi COVID-19 karena asap dari rokok diketahui bisa menurunkan imunitas tubuh lho.

Dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), FAPSR, FISR, Ketua Umum Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI), menjelaskan bahwa banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa asap rokok bisa menurunkan kekebalan tubuh yang sangat dibutuhkan semua orang di tengah pandemi seperti ini.

"Asap rokok itu sudah terbukti dapat menurunkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh, terutama pada imunitas saluran napas," imbuhnya saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (18/8/2020).

"Padahal sistem imunitas ini kita ketahui penting sekali berperan menghambat terjadinya infeksi. Bahan-bahan yang ada di dalam asap rokok itu terbukti menganggu proses migrasi sel-sel imunitas tubuh ketika melawan infeksi," sambungnya.

Dr. Agus mengatakan bahwa asap rokok membuat sel-sel dalam imunitas tubuh menurun fungsi dan kinerjanya. Hal itu yang jadi penyebab seorang perokok lebih berisiko terinfeksi virus corona.

Baca Juga: Dokter Paru: Bisa Sebarkan Virus Corona di Udara, Hindari Kerumunan di Kantor dan Restoran!

"Ketika seseorang perokok kemudian terjadi infeksi maka migrasi sel-sel imunitas itu akan menurun dan fungsinya juga menurun akibatnya ketika terinfeksi akan terjadilah kondisi yang lebih luas dan cenderung lebih berat termasuk pada COVID-19," jelasnya.