Menu

Marak Hepatitis Misterius, Benarkah Ada Kaitannya dengan Vaksin Covid-19?

13 Mei 2022 07:55 WIB
Marak Hepatitis Misterius, Benarkah Ada Kaitannya dengan Vaksin Covid-19?

Hepatitis. (Thinkstock)

HerStory, Rembang —

Belakangan ini penyakit hepatitis tengah merebak menjangkit masyarakat, terutama usia anak-anak. Hepatitis yang tiba-tiba muncul secara misterius ini diduga ada berkaitan dengan vaksin virus Covid-19.

Namun, benarkah pernyataan tersebut? Yuk Moms cari tahu jawabannya!

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Lila Yanwar, mengingatkan pada masyarakat agar tidak mengaitkan kasus hepatitis misterius dengan vaksin Covid-19. Pasalnya, saat ini masih dilakukan penelitian untuk menjawab keresahan masyarakat.

"Sebaiknya tidak berasumsi sembarangan. kemenkes dan WHO juga masih melakukan penelitian. Jadi jangan ber-stetement yang menimbulkan polemik aneh-aneh terkait hubungan vaksin dengan hepatitis unknow etiology (hepatitis misterius)," ungkap Lila Yanwar.

Sebelumnya, seorang balita berusia satu bulan 29 hari asal Solok meninggal dunia diduga disebabkan oleh hepatitis misterius yang saat ini tengah merebak. Balita ini meninggal tepat di hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah dengan gejala yang mirip dengan hepatitis misterius.

Sebelum mendapatkan perawatn medis dan meninggal di rumah sakit Hermina Padang, balita tersebut sempat di rawat di rumah sakit daerah setempat. Hingga kini, otoritas terkait masih melakukan penelitian untuk memastikan penyebab kematian balita tersebut.

Baca Juga: Kabar Baik! 70 Vaksin Virus Corona Sedang Dikembangkan di Seluruh Dunia!

Baca Juga: Wah, China Umumkan Siap Uji Coba Dua Vaksin Corona ke Manusia!!!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.