Menu

Waspada! Ternyata Golongan Darah O Paling Rentan Terkena DBD, Ini Penjelasannya

13 Mei 2022 13:20 WIB
Waspada! Ternyata Golongan Darah O Paling Rentan Terkena DBD, Ini Penjelasannya

Nyamuk sedang menghisap darah di kulit manusia. (Pixabay/mika mamy)

HerStory, Bandung —

Ketika musim pancaroba, sering kali banyak pasien penderita DBD. Menurut laporan Kementerian Kesehatan secara nasional, jumlah kasus DBD sepanjang tahun 2021 pun sebanyak 6.122 kasus.

Banyaknya kasus DBD pun tenyata berhubungan dengan golongan darah yang dimiliki seseorang. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa golongan darah O memilik risiko digigit nyampuk dua kali lipat dibandingkan dengan golongan darah A.

Lalu, apa yang menjadi penyebab golongan darah O rentan terkena DBD? Yuk, simak penjelasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (13/5/2022).

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Medical Entomology tahun 2014 ini menemukan bahwa risiko orang bergolongan darah O digit nyamuk berjumlah dua kali lipat dari golongan darah A. Hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli entomologi asal University of Florida juga mengatakan bahwa nyamuk atau jenis serangga pengisap darah lainnya memang suka dengan golongan darah O.

Hal tersebut dikarenakan golongan darah O bisa memproduksi senyawa asam dan molekul lebih banyak dari tubuhnya dibandingkan dengan golongan darah lain. Sementara, golongan darah B menempati posisi kedua. 

Penyebabnya diduga karena orang-orang dengan golongan darah O dan B lebih sering mengeluarkan sinyal kimia tertentu, sehingga nyamuk lebih tertarik.

Baca Juga: Beauty, Waspada! Flu hingga Leptospirosis, 5 Penyakit Ini Bisa Muncul saat Banjir

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Golongan Darah O Rentan Terkena Penyakit DBD

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.