Menu

Jangan Anggap Sepele, Ini 7 Benjolan Vagina yang Paling Berbahaya di Dunia, Nomor 5 Penularannya Gampang Banget!

13 Mei 2022 12:55 WIB
Jangan Anggap Sepele, Ini 7 Benjolan Vagina yang Paling Berbahaya di Dunia, Nomor 5 Penularannya Gampang Banget!

Ilustrasi vagina yang mengalami keputihan (Pexel/Ivan Babydov)

HerStory, Medan —

Vagina merupakan organ intim perempuan yang harus dijaga kesehatannya. Jika ada benjolan pada Miss V, tentunya akan membuat panik sebab tak diketahui penyebabnya.

Kondisi ini bisa menjadi indikasi terjadinya penyakit tertentu. Dalam situs Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski) dijelaskan beberapa penyebab benjolan pada vagina, Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Kista Vulva

Vulva memiliki sejumlah kelenjar, termasuk kelenjar minyak, kelenjar Bartholin, dan kelenjar Skene. Kista dapat terbentuk jika kelenjar ini tersumbat.

Ukuran kista bervariasi, tetapi kebanyakan terasa seperti benjolan kecil dan keras. Kista biasanya tidak menyakitkan kecuali terinfeksi. Umumnya dapat hilang tanpa pengobatan. Tapi jika kista terinfeksi, dokter spesialis kulit dan kelamin dapat mengeringkannya dan mungkin meresepkan antibiotik.

2. Kista vagina

Kista vagina biasanya merupakan benjolan yang terasa keras di dinding vagina dan umumnya seukuran kacang polong atau lebih kecil. Kista inklusi vagina adalah jenis kista vagina yang paling umum. Kadang-kadang terbentuk setelah melahirkan atau cedera pada vagina.

Kista vagina biasanya tidak menyakitkan namun sangat mungkin membuat aktivitas seks menjadi tidak nyaman. Konsultasikan pada dokter spesialis kulit dan kelamin apa yang sebaiknya dilakukan atau merasa perlu untuk mengangkatnya.

3. Bintik Fordyce

Bintik Fordyce atau kelenjar sebaceous merupakan benjolan kecil putih atau kuning-putih di dalam vulva. Bintik-bintik ini juga terkadang ditemukan di bibir dan pipi.

Bintik tersebut biasanya pertama kali muncul selama masa pubertas dan cenderung bertambah banyak seiring bertambahnya usia. Bintik Fordyce tidak menyakitkan dan tidak berbahaya.

Baca Juga: Hati-Hati! Bersihkan Miss V Pakai Sabun Bikin Bahaya

Baca Juga: Kamu Suka Pakai Tisu Toilet Usai Pipis? Amankah untuk Kesehatan Miss V?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Noorma Amalia Siregar