Menu

Update Kasus Hepatitis Akut di Indonesia, Dirut RS Sulianti Saroso: Ada 18 Kasus Bergejala yang Belum Diketahui Penyebabnya

13 Mei 2022 19:20 WIB
Update Kasus Hepatitis Akut di Indonesia, Dirut RS Sulianti Saroso: Ada 18 Kasus Bergejala yang Belum Diketahui Penyebabnya

Hepatitis. (iStockphoto/Piotrekswat)

HerStory, Bandung —

Direktur Utama RS Sulianti Suroso, Muhammad Syahril, menberikan update terbaru mengenai kasus hepatitis misterius yang sampai saat ini belum diketahui penyebabnya. Hal ini disampaikan secara virtual pada Jumat (13/5/2022).

Menurutnya hingga saat ini tercatat 20 negara yang menyampaikan laporan mengenai kasus hepatitis ini. 

"Saat ini situasi global mengenai hepatitis yang dipublish pada tanggal 5 april ada 20 negara yang menyampaikan laporan tersebut. Dari laporan ini tercatat 228 kasus di seluruh dunia. Ini menjadi warning. WHO pun mengumumkan ini sebagai kejadian luar biasa," ungkap Muhammad Syahril secara virtual pada Jumat (13/5/2022).

Pada informasi terbaru ini juga disampaikan beberapa definisi yang berkaitan dengan kasus hepatitis akut, diantaranya adalah confirmed, probable, serta epi-linked.

Status confirmed hingga saat ini belum memiliki definisi dikarenakan kasus yang baru muncul. Sedangkan probable merupakan kondisi di mana adanya gejala, seperti mual, diare, demam, perut kembung, mata kuning, urin berwarna seperti teh, kemudan BAB pucat.

Lalu, status epi-linked merupakan kondisi yang sama dengan probable namun dialami oleh segala usia (bukan 0-16 tahun). Sedangkan, status pending adalah kondisi di mana seseorang sedang menjalankan pemeriksaan.

Hingga saat ini di Indonesia terdapat 18 kasus yang dilaporkan. Melalui laporan tersebut, 7 diantaranya meninggal dunia.

Menurut Muhammad Syahril, masyarakat khususnya orang tua perlu betul-betul memahami gejala yang dari hepatitis akut ini untuk segera dapat ditangani.

Baca Juga: Bahaya! Ini 11 Tanda Kamu Menderita Hepatitis Kronis, Cek Sekarang!

Baca Juga: Moms Wajib Waspada! Hepatitis Misterius Mengancam Nyawa Anak, Ini 2 Gejala yang Paling Umum!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.