Tubuh membutuhkan asupan makanan untuk mengisi energi. Namun, jika terlalu banyak mengonsumsi makanan tentu berat badan jadi bertambah. Jika memiliki berat badan berlebih itu bisa meningkat berbagai risiko penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Jika tak ingin berat badanmu bertambah, kamu harus hindari beberapa jenis makanan di bawah ini apalagi jika di atas jam 4 sore. Simak baik-baik ya!

Roti Putih

Mungkin kamu bahwa roti adalah makanan ringan yang terbuat dari biji-bijian olahan dan karbohidrat olahan. Namun, sebenarnya mengonsumsi roti putih di atas jam 4 sore bisa menambah berat badanmu lho. Itu disebabkan karena jumlah serat dalam roti putih yang rendah.

Es Krim

Selain roti putih, kamu juga harus menghindari konsumsi es krim di atas jam 4 sore jika tak ingin menambah berat badan.

"Es krim adalah makanan berat karbohidrat, dan makan banyak karbohidrat olahan menghasilkan penumpukan lemak perut," ujar Edwina Clark, ahli diet dan kesehatan terdaftar dikutip dari Medical Daily (19/8/2020).

Es krim bisa jadi menggoda untuk camilan sore hari. Namun, jika itu hanya akan membuat tubuh bertambah besar, lebih baik kamu mempertimbangkan untuk tak mengonsumsinya.

Keripik Kentang

Makanan yang sebaiknya dihindari setelah di atas jam 4 sore selanjutnya adalah keripik kentang. Cemilan untuk nonton film yang umum ini ternyata sangat berlemak. Mengonsumsi keripik adalah bentuk diet tidak sehat yang menyebabkan berat badan bertambah.

Meskipun keripik kentang mengandung sedikit serat, protein, dan nutrisi lainnya, porsi standarnya tinggi natrium. Jumlah natrium yang berlebihan umumnya berbahaya bagi kesehatan.

Penyakit jantung dan peningkatan tekanan darah adalah masalah kesehatan umum yang disebabkan oleh terlalu banyak konsumsi natrium.

Baca Juga: Unik Banget, Begini Cara Bikin Roti Pakai Rice Cooker!

Meskipun penting untuk membatasi diri dari makanan tertentu untuk menurunkan berat badan, penting juga untuk makan makanan yang tidak diolah, terutama di kemudian hari ketika metabolisme melambat.