Menu

Jika Si Kecil Alami Gejala Hepatitis, Moms Segera Lakukan Hal Ini, Jangan Panik Ya!

13 Mei 2022 20:24 WIB
Jika Si Kecil Alami Gejala Hepatitis, Moms Segera Lakukan Hal Ini, Jangan Panik Ya!

Hepatitis. (iStockphoto/Piotrekswat)

HerStory, Tangerang —

Gempar virus baru Hepatitis yang menyerang anak-anak jadi bikin khawatir para moms di rumah. Dokter Spesialis Anak dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr. Ade Rachmat Yudiyanto, Sp.A (K),M. Ked (Ped) mengingatkan orang tua jangan panik bila menemukan gejala awal hepatitis pada anak.

"Kalau ada gejala, jangan panik. Segera bawa pasien ke puskesmas dan rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolonganlanjutan," ujarnya dikutip dari laman sindikasi GenPI.co, Jumat (13/5/2022).

Ia mengungkapkan ada gejala awal hepatitis yakni diare, mual, muntah, sakit perut dan bisa disertai demam ringan. Bila gejala ini muncul, selain berkonsultasi dengan dokter, orang tua juga perlu memastikan anak beristirahat total

Selain itu, ia juga mengiatkan untuk menjaga asupan cairan anak dan ion tubuh cukup agak nggak jatuh dalam kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan yang pada jangka panjang bisa membahayakan kesehatan.

Menurut Ade, orang tua sebaiknya nggak menunggu gejala lanjutan muncul seperti kulit dan mata kuning hingga penurunan kesadaran yang dapat pada akhirnya mengharuskan pasien dirawat di Unit Perawatan Intensif (ICU) dan bahkan dilakukan cangkok hati.

Hepatitis merupakan radang pada sel hati. Saat ini ada parameter yang bisa digunakan untuk memastikannya yakni enzim hati atau Alanine Aminotransferase (ALT) atau Serum Glutamate Pyruvate Trasnsaminase (SGPT) bila nilainya diatas dua kali normal.

Berbicara penyebab, hepatitis bisa disebabkan infeksi dan non-infeksi. Infeksi bisa karena virus (A, B, C, D, E Dan G), bakteri atau parasit, sementara non-infeksi misalnya akibat obat, racun, metabolisme.

Mudah-mudahan ini sekedar membuat kita waspada saja. Saya berharap nggak berlanjut seperti Covid-19 karena memang saja,"  tuturnya (antara)

Baca Juga: Bahaya! Ini 11 Tanda Kamu Menderita Hepatitis Kronis, Cek Sekarang!

Baca Juga: Moms Wajib Waspada! Hepatitis Misterius Mengancam Nyawa Anak, Ini 2 Gejala yang Paling Umum!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Oleh: Nasibah Azzahra