Menu

Selain Setiap Hari, Inilah Anjuran Penting dari Ahli Tentang Penggunaan Sunscreen, Catat Ya Beauty!

13 Mei 2022 20:57 WIB
Selain Setiap Hari, Inilah Anjuran Penting dari Ahli Tentang Penggunaan Sunscreen, Catat Ya Beauty!

Dermatologist sekaligus Medical Innovation Expert BeautyHaul, dr. Claudia Christin, MBBS, Ph.D. (Riana/HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, saat ini produk perawatan kulit seperti sunscreen, semakin banyak ditemukan di pasaran dengan berbagai merk dan klaimnya masing-masing. Tentunya, pilihan produk perawatan yang beragam ini terkadang membuat konsumen, khususnya kaum hawa seperti kita, kesulitan dalam menentukan pilihan sehingga diperlukan edukasi untuk menentukan produk perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit masing-masing.

Nah, sunscreen sendiri sangat efektif dalam menghindari bahaya radiasi sinar matahari yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit, mulai dari hiperpigmentasi, penuaan dini, sampai kanker kulit.

Berangkat dari hal tersebut, BeautyHaul, #1 curated beauty e-commerce di Indonesia pun terinspirasi untuk memberikan pengetahuan seputar sunscreen yang mungkin masih belum dipahami betul oleh beauty enthusiast.

Dermatologist sekaligus Medical Innovation Expert BeautyHaul, dr. Claudia Christin, MBBS, Ph.D., mengatakan, skincare, tak terkecuali sunscreen, adalah sesuatu yang sangat personal bagi tiap orang, tak terkecuali wanita. Dalam arti, satu jenis kulit itu bisa punya kebutuhan yang berbeda. Sehingga produk yang cocok di orang lain belum tentu cocok di kita, baik secara manfaat maupun budget. 

“Jadi setiap jenis kulit itu masing-masing punya kebutuhan yang berbeda, sehingga pilihan produknya itu juga bisa berbeda. Jadi makanya penting banget nih kita memberikan edukasi, dan BeautyHaul sebagai e-commerce platform ini ingin membantu para wanita agar mudah memilih produk kecantikannya,” tutur dr. Claudia, saat acara “Mengulas Mitos Sunscreen yang Jarang Diketahui. Kamu Wajib Paham!”, yang digelar secara virtual, sebagaimana dipantau HerStory, Jumat (13/5/2022).

Lebih lanjut, dr. Claudia pun menekankan soal pentingnya menggunakan sunscreen setiap hari. Salah satu alasan memakai sunscreen setiap hari itu penting adalah karena sinar matahari dapat merusak lapisan kulit yang membuat penumpukan sel elastin secara abnormal.

Hal tersebut dapat memicu pemecahan kolagen dan elastisitas kulit, sehingga dampaknya mengubah struktur kulit. Gak cuma itu, lanjut dr. Claudia, kebiasaan menggunakan sunscreen setiap hari dapat mencegah efek buruk serta dampak akumulatif dari sinar ultraviolet (UV).

"Jadi semua dokter-dokter dan semua ilmuwan itu percaya bahwa sunscreen itu adalah pondasi awal dari skincare rutin yang baik. Soalnya sunscreen berfungsi sebagai pelindung, dan dapat mencegah sebelum ada permasalahan datang. Mungkim kita suka meradang kulitnya, terbakar, lalu ada flek-flek hitam hiperpigmentasi, itu semua sebagian besar itu diakibatkan oleh paparan radiasi sinar UV dari matahari. Jadi, memakai sunscreen setiap hari merupakan salah satu cara efektif dalam mencegah kerusakan kulit," papar dr. Claudia.

Halaman: