Beauty, sebenarnya enggak semua wanita yang menstruasi bakal merasakan nyeri. Ada banyak faktor yang membuatmu nyeri. Makanya penting banget buat kamu mengetahui caranya membuat nyeri ini mereda. Kamu enggak harus mendiamkannya terus, supaya nggak bikin penyakit lain nantinya.

Nah, dilansir dari Medical News Today, terdapat cara-cara untuk meredakan nyeri saat haid yang ampuh banget. Simak, ya!

1. Air Panas Dalam Botol

Masukkan air panas ke dalam botol kemudian kompreskan pada daerah perut, hal ini guna meredakan tegang di perut. Maka rasa nyeri akan berkurang. Kompres bagian perut akan membuatnya rileks dan otot-otot pun nggak menegang lagi, Beauty.

2. Hindari Rokok dan Alkohol

Merokok dan mengonsumsi alkohol akan memperburuk keadaan jadi hindarilah kebiasaan buruk tersebut. Kamu tahukan kalau meminum alkohol nggak baik bagi rahim? Jadi, jaga kesehatanmu, ya!

3. Minum Jamu

Banyak wanita yang percaya pada obat tradisional atau jamu karena cara menghilangkan nyeri haid dengan herbal memang kadang terbukti sangat ampuh dan efektif. Kamu dapat membuat sendiri jamu itu di rumah dengan bahan 15 sampai 30 gram daun dewa, 20 gram kunyit, dan 600 cc air. 

Campurkan ketiga bahan tersebut dengan merebusnya. Sisakan air hingga menjadi setengah baru kemudian disaring terlebih dahulu. Air ramuan itu bisa langsung diminum dua kali per hari. Inilah cara menghilangkan nyeri haid secara alami.

4. Pijat Relaksasi

Pijatan kecil di bagian perut dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul. kamu juga bisa melakukan pilates dan yoga untuk mengalihkan perhatian dari rasa sakit haid. Relaksasi ini perlu dilakukan untuk menenangkan pikiran dari beban atau masalah yang ada yang dapat menambah rasa nyeri pada perut.

5. Konsultasikan ke Dokter

Kalau semua cara belum membuatmu sembuh, cobalah untuk periksa ke dokter, meskipun rasa nyeri dialami oleh semua wanita saat haid, tapi apabila kamu sudah merasa bahwa rasa nyeri itu berlebihan dan mengganggu aktivitas kamu maka perlu adanya penanganan yang tepat.

Baca Juga: Beauty, Hati-Hati! Ada PMS Parah yang Bisa Ganggu Kesehatan Psikis Kamu, Lho!

Jadi, itulah 5 cara yang patut kamu coba saat nyeri menstruasi datang padamu ya!