Menu

Benarkah Lada Bikin Performa Ranjang Meningkat? Begini Faktanya!

13 Mei 2022 23:50 WIB
Benarkah Lada Bikin Performa Ranjang Meningkat? Begini Faktanya!

Ilustrasi berhubungan seks (Shutterstock/Edited By Herstory)

HerStory, Rembang —

Lada merupakan salah satu rempah yang kerap digunakan sebagai bumbu masak sehingga menambah aroma dan cita rasa makanan. Tak sedikit juga masyarakat yang meyakini khasiat baik di dalam lada, termasuk meningkatkan performa ranjang para pria. Benarkah?

Spesialis Farmakologi, Dr. Lonah SpFK, menuturkan bahwa lada merupakan salah satu herbal yang kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tak heran, lada dianggap berkhasiat untuk meningkatkan performa ranjang. Bagaimana faktanya?

Menurut Dokter Lonah, penelitian pada hewan menunjukkan teori sebaliknya di mana lada yang diberikan pada hewan uji coba menurunkan performa. Ekstrak di dalam lada diberikan pada hewan tikus dan terbukti menurunkan sel sperma.

Namun, lada cukup berkhasiat pada hewan uji coba terkait penurunan kadar gula darah. Sebab, lada memang bersifat sebagai antioksidan yang mengontrol kadar lipid darah. Namun, ini belum terbukti pada manusia.

Lebih lanjut, Dokter Lonah sendiri menganjurkan agar menggunakan lada tak lebih dari 600 mg dan 1,5 gram per hari. Ia tak anjurkan pemakaian untuk suplemen herbal tanpa pantauan dokter.

Namun untuk pemakaian di bahan makanan, masih aman bagi siapapun termasuk ibu hamil dan menyusui.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari