Working Moms yang sering kerja dari pagi sampai sore bahkan malam hari pasti khawatir dengan kondisi wajah yang makin banyak kerutan. Apalagi kalau terpapar sinar matahari langsung dan debu di jalanan terus. Moms harus mulai mencegahnya sebelum terlambat, nih!

Dilansir dari Healtline, bagaimanan pun juga wajah adalah aset utama yang bisa mendongkrak penampilan sehingga membuat Moms menjadi lebih percaya diri. Makanya, ekspresi wajah yang berulang dapat menyebabkan munculnya garis permanen pada kulit dan menimbulkan kerutan. Nah, cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami, mungkin dengan mengurangi ekspresi wajah yang belebihan.

Kalau Moms merasa belum waktunya untuk menggunakan perawatan medis, Moms bisa mulai mencoba perawatan dengan cara ini di rumah, simak ya!

1. Rutin senam wajah

Terbukti banget,  nih, kalau melakukan senam wajah secara rutin dapat meningkatkan produksi jaringan ikat kolagen sehingga kulit menjadi lebih elastis dan mengurangi terbentuknya kerutan. Cara menghilangkan kerutan di wajah yang satu ini dianjurkan selama 15 menit setiap harinya.

2. Hentikan kebiasaan mencuci wajah

Menjaga kebersihan wajah memang penting, tapi juga nggak harus berlebihan. Karena terlalu sering membersihkan wajah, apalagi dengan produk yang mengandung kimia akan membuat kulit wajah menjadi lebih kering dan teriritasi, terutama apabila Moms menggunakan sabun pembersih wajah yang bersifat mengeringkan. Baiknya Moms membersihkan wajah dengan air hangat, satu kali dalam sehari.

3. Gunakan sunscreen

Proses penuaan dini dapat disebabkan karena paparan sinar ultraviolet, Moms. Tanpa Moms sadari, aktivitas sehari-hari di luar ruangan menyebabkan kulit sering terpapar oleh matahari. Nggak hanya menyebabkan kerutan, sinar ultraviolet dapat menyebabkan pigmentasi kulit sehingga mempercepat timbulnya flek pada kulit.

4. Gunakan masker pisang

Moms, selain enak, pisang mengandung minyak dan vitamin alami yang dapat meningkatkan kesehatan kulit, lho. Sebagai cara alami menghilangkan kerutan di wajah, para ahli merekomendasikan menggunakan pasta pisang sebagai masker wajah. Cara membuat masker pisang sama halnya dengan masker alami lainnya, Moms cukup menghaluskan seperempat pisang hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pasta pisang secara tipis di kulit wajah dan biarkan selama 15 hingga 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

5. Gunakan masker lemon dan madu

Moms, cara menghilangkan kerutan di wajah yang sederhana dengan air perasan lemon dan madu. Caranya, oleskanlah satu lapis jus lemon yang dicampur dengan madu di wajah, dan biarkan selama 10 menit untuk mengencangkan kulit kemudian membilasnya. Kulit akan terasa segar dan harum.

Baca Juga: Cocok untuk Tipe Kulit Kering dan Berminyak, Lakukan Perawatan Wajah dengan Resep Masker Putih Telur

Gampang banget kan, Moms merawat wajah dengan cara ini? Yuk, langsung ikuti tipsnya!