Menu

Jangan Panik! Ini 7 Hal yang Bisa Dilakukan Orangtua Saat Atasi Anak Tantrum, Cuss Praktik Moms!

17 Mei 2022 10:45 WIB
Jangan Panik! Ini 7 Hal yang Bisa Dilakukan Orangtua Saat Atasi Anak Tantrum, Cuss Praktik Moms!

Ilustrasi anak sedang mengalami tantrum. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Biasanya, anak-anak mengalami tantrum karena keinginannya yang tak dituruti dan mencari perhatian atau bahkan karena keinginannya saja. Karena hal ini, tak jarang orang tua yang kewalahan dan bahkan ikut emosi menangani anak yang rewel tak ada henti.

Padahal tantrum bisa menjadi kesempatan besar untuk membantu anak untuk belajar mengekspresikan perasaan dengan cara yang lebih baik.

Dikutip dari Ruang Guru, berikut tujuh tips mengajarkan anak tentang emosi saat sedang ngambek.

1. Ajarkan Berpendapat dengan Baik

Anak-anak terkadang berbicara tak jelas atau langsung menangis saat sedang mengambek. Hal ini membuat orang tua jadi salah paham menanggapinya. Sebagai solusi, rangkul anak dan minta ia menyatakan pendapat dengan suara lembut.

Contohkan cara bicara dengan merekam dua jenis suara yang jelas dan sopan, serta yang berteriak dan tak jelas. Tanyakan padanya, mana yang lebih baik dan ajak anak mengikutinya.

2. Dengarkan Keluhan Anak

Ketika anak sedang mengambek, coba orang tua lakukan kontak mata lalu dengarkan keluhannya tanpa memotong ucapannya.

Terima keluhan anak tanpa menghakimi. Biarkan ia selesai berbicara, lalu katakan bahwa tak semua hal dapat sesuai dengan keinginan kita.

Misalnya, saat cuaca mendung dan hujan turun yang mengakibatkan tak bisa keluar rumah. Walau terlihat masih tampak tak setuju dengan penjelasan orangtua, seenggaknya anak sudah diberi contoh teknik komunikasi yang lebih baik dibanding melarangnya mengeluh.

3. Beri Pilihan

Perjelas apa yang sebenarnya diinginkan anak. Tanyakan padanya dua hal, masih mau terus marah-marah atau segera menyusun rencana untuk bisa mendapatkan apa yang dia inginkan.

Jika ia mulai berhenti melakukan komplain dan menyiapkan rencana selanjutnya agar tak kecewa, hal tersebut menandakan bahwa ia sudah mampu melakukan problem-solving.

Baca Juga: Moms Jangan Bingung Ya, Ini 7 Cara Mengatasi Anak yang Sedang Tantrum

Baca Juga: Dear Moms, Stop Lakukan Hal Ini saat Anak Tantrum

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza