Beauty, jika kamu mengalami gangguan secara berulang mengenai respons seksual, hasrat, orgasme, atau bahkann rasa sakit ketika melakukan hubungan seksual yang membuat kamu malah menjadi stress maka hal tersebut sering disebut sebagai disfungsi seksual. Kamu pasti pernah mendengar mengenai ejakulasi dini atau impotensi yang terjadi pada laki-laki, kan? Nah, apakah wanita juga bisa mengalaminya?

Banyak wanita yang mengalami masalah dengan fungsi seksual di waktu-waktu tertentu sepanjang hidup mereka. Disfungsi seksual biasanya akan terjadi pada situasi seksual tertentu atau bisa juga setiap saat. Pada umumnya, respon seksual yang melibatkan interaksi kompleks pada fisiologi, emosi, pengalaman, kepercayaan, gaya hidup hingga hubungan dengan pasangan bisa memengaruhi kondisi ini.

Gangguan ini bisa sangat memengaruhi hasrat, gairah atau kepuasan seksual. Untuk mengatasi hal ini, kamu akan membutuhkan perawatan khusus.

Gejala Disfungsi pada Wanita

  1. Hasrat seksual rendah. Gejala pertama yang ditunjukkan dan paling umum terlihat adalah kurangnya minat dan kemauan seksual.
  2. Gangguan gairah seksual. Keinginan untuk melakukan seks mungkin ada, namun jika kamu mengalami gangguan ini bisa jadi kamu akan mengalami kesulitan dengan gairah atau enggak bisa terangsang serta mempertahankan gairah selama berhubungan badan.
  3. Gangguan orgasme. Kondisi ini menunjukkan seseorang kesulitan yang terus menerus dalam mencapai orgasme.
  4. Gangguan nyeri seksual. Kondisi ini menunjukkan seseorang merasakan rasa nyeri yang berhubungan dengan rangsangan seksual atau kontak miss V.

Penyebab Disfungsi Seksual pada Wanita

Pada umumnya, masalah seksual terjadi karrena hormone seseoang berubah-ubah, seperti ketika sudah melahirkan atau setelah menopause. Selain itu, penyakit berat seperti kanker, diabetes atau bahkan penyakit jantung dan pembuluh darah juga bisa membuat disfungsi seksual.

Baca Juga: Waduh! Inilah 4 Alasan Wanita Nggak Percaya Diri, Kamu Juga?

Kemudian, kondisi psikologis dan sosial seperti kecemasan atau depresi yang enggak ditangani dengan baik bisa menyebabkan disfungsi seksual juga. Beberapa contohnya seperti wanita yang mengalami stress, depresi dan juga riwayat trauma akibat pelecehan seksual bisa menyebabkan impotensi pada wanita.