Menu

Oh... Ternyata Ini Bedanya Diare Biasa dan Diare Gejala Hepatitis Akut, Moms Wajib Tahu!

17 Mei 2022 10:00 WIB
Oh... Ternyata Ini Bedanya Diare Biasa dan Diare Gejala Hepatitis Akut, Moms Wajib Tahu!

Penyakit diare (istimewa)

HerStory, Jakarta —

Penyakit hepatitis akut misterius yang sudah menyebar di sejumlah negara, termasuk Indonesia, kini semakin membuat masyarakat resah dan khawatir.

Kementerian Kesehatan telah mencatat bahwa ada 15 orang yang terpapar penyakit hepatitis akut sejak 27 April lalu. Beberapa suspek juga telah terdeteksi di sejumlah wilayah.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah menyampaikan apa saja gejala hepatitis akut yang dialami anak-anak. Salah satu gejala yang paling umum adalah diare terus menerus yang dialami anak.

Ketua unit kerja koordinasi Gastrohepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Muzal Kadim menjelaskan perbedaan diare biasa dengan diare gejala hepatitis akut.

Moms, berikut ini perbedaan diare biasa dan diare gejala hepatitis akut yang perlu diperhatikan dan diwaspadai. Yuk, simak baik-baik, ya!

Diare biasa

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum menyerang anak-anak. Biasanya, diare disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi virus, bakteri, atau parasit. Penyakit ini juga bisa terjadi karena infeksi virus yang dikenal dengan sebutan rotavirus.

"Demam lebih dulu, kemudian muntah dua hingga tiga kali, baru kemudian diare," kata Muzal Kadim.

Diare yang disebabkan oleh rotavirus juga biasanya lebih cair, berbau asam yang disertai dengan kembung di bagian perut.

Baca Juga: Beauty, Waspada! Flu hingga Leptospirosis, 5 Penyakit Ini Bisa Muncul saat Banjir

Baca Juga: Punya Masalah dengan Diare? Gak Usah Bingung, Atasi dengan Cara Berikut Ini Yuk!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.