Beauty, pasti rasanya berat banget memaafkan seseorang yang menyakiti hatimu. Tapi kamu harus kuat untuk nggak melakukan perlawanan, kecuali diam dan memaafkan. Rasa sakit karena terjatuh tak akan bisa menandingi pedihnya hati karena disakiti pasangan atau teman. 

Dilansir dari Shape, memaafkan orang yang menyakiti memang nggak akan mudah. Namun bukan berarti gak bisa dilakukan. Selalu ada cara untuk bisa memberi maaf. Termasuk kepada mereka yang pernah menyakiti kamu. Bingung cara memberikan maaf? Coba 3 upaya ini supaya hidupmu lebih tenang dengan jadi pemaaf. Yuk, simak!

1. Hilangkan rasa benci

Memang nggak mudah membuang rasa benci. Salah satu tips untuk menghilangkan rasa benci adalah jangan terus mengingat apa yang pernah dia lakukan terhadap kamu. Mengingat-ingat tindakan buruknya hanya akan semakin memperbesar rasa benci.

Secara perlahan mulai buang rasa benci tersebut dari pikiran kamu. Jernihkan pikiran dari semua rasa benci tersebut. Enggak ada satu pun yang bernilai positif ketika kamu menyimpan rasa benci. Sehatkan mental dan pikiranmu dengan membuang rasa benci tersebut, ya!

2. Mulai berempati

Di masa lalu, bisa jadi kamu juga pernah melakukan hal yang sama kepada orang lain. Baik disengaja maupun nggak. Inilah yang disebut dengan membuka rasa empati di dirimu. Menyadari bahwa nggak ada manusia yang bisa lepas dari kesalahan. Kenyataannya, manusia memang gudangnya kesalahan.

Adanya rasa empati yang makin terbuka, kamu akan diberi jalan untuk mulai memaafkan orang yang menyakiti. Selain itu, kamu akan lebih mudah memaafkan kesalahan orang lain. Intinya, semakin besar empati yang kamu munculkan, seberapa pun sakit hatinya kamu, pasti bisa mulai terobati.

3. Memberi waktu pada diri sendiri

Beauty, kamu bisa melakukan liburan mendadak ke tempat yang tenang seperti ke wilayah pegunungan atau pantai. Bahkan kalau perlu, ambil cuti dari pekerjaan untuk sementara waktu.

Bekerja dengan kondisi pikiran yang kacau juga bukan hal yang bagus, lho. Ambil waktu untuk menyendiri dan merenungkan hal-hal positif dari kejadian yang telah kamu alami.

Baca Juga: Bukan Stres, Begini Keadaanmu Ketika Mengalami Kelelahan Mental

Nah, itulah 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa benci dan menenangkan pikiranmu, Beauty.