Beauty, kamu tahu enggak sih ternyata bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan lho. Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bumbu dapur ini adalah kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah.

Bawang putih ini bergizi tinggi dengan sedikit kalori, mengandung sejumlah kecil nutrisi lain yang berkontribusil sebagai penyembuh yang kuat dan bermanfaat. Bumbu dapur ini dapat memperkuat fungsi kekebalan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Menurut University of Maryland Medical Center orang dewasa yang sehat dapat dengan aman mengonsumsi hingga empat siung bawang putih setiap hari, dengan berat masing-masing sekitar satu gram.

Bahan aktif allicin dalam bawang putih diketahui dapat memperkuat kesehatan tubuh. Inilah yang memberi rasa dan aroma khas bawang putih. Senyawa aktifnya secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah.

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi bawang putih sebagai makanan atau mengonsumsi ekstrak bawang putih dalam bentuk suplemen untuk membantu mengobati tekanan darah tinggi atau menurunkan tekanan darah. Bawang putih dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan merangsang produksi oksida nitrat (senyawa yang memainkan peran kunci dalam pelebaran pembuluh darah).

Baca Juga: Bisa Buat Merawat Kulit Wajah, Ternyata Bawang Putih Ada Efek Sampingnya Juga! Waspada Ya...

Menurut sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences, ekstrak bawang putih ditemukan sama efektifnya dengan obat Atenolol yang biasa diresepkan dokter untuk atasi hipertensi atau darah tinggi.