Menu

Genetik atau Pilihan? Ternyata Ini Lho Fakta Tentang Orang yang Doyan Selingkuh, Jangan Kaget!

18 Mei 2022 15:40 WIB
Genetik atau Pilihan? Ternyata Ini Lho Fakta Tentang Orang yang Doyan Selingkuh, Jangan Kaget!

Ilustrasi seorang wanita yang mengetahui suaminya selingkuh dari bekas lipstik pada bajunya. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Menurut penelitian, ternyata kepribadian orang bisa berpengaruh dari keturunan lho. Sebanyak 20% kepribadian yang kita miliki bisa saja dari faktor genetik seperti emosional, tempramen, dan lain-lain. Lalu, bagaimana dengan kebiasaan selingkuh? Apakah itu hanyalah pilihan yang mereka sukai atau termasuk ke dalam genetik?

Psikoterapis klinis berlisensi, Dr. LeslieBeth (LB) Wish, mengutip dari Insider, mengatakan bahwa kecenderungan selingkuh bisa dipengaruhi oleh orangtua, saudara, atau keluarga.

Menurut Wish, selingkuh bisa menjadi perilaku maladaptif — sesuatu yang kamu kembangkan sebagai respons negatif terhadap perasaan tak bahagia dalam suatu hubungan. Tetapi, itu juga bisa menjadi sesuatu yang kamu contoh dari orangtua, saudara yang lebih tua, atau anggota keluarga dan pengasuh lainnya.

"Sebagai seorang anak, kita melihat bagaimana orangtua kita mengatasi kecemasan, depresi, dan ketidakbahagiaan mereka," kata Wish.

Para peneliti menemukan bahwa keinginan untuk selingkuh dapat dikaitkan dengan gen yang disebut polimorfisme reseptor dopamin DRD4 - gen yang bertanggung jawab juga atas kecanduan alkohol dan judi.

Dalam sebuah studi tahun 2010 yang dilakukan oleh para peneliti di Binghamton University di New York, ditemukan bahwa peserta yang memiliki jenis gen DRD4 tertentu lebih mungkin untuk selingkuh.

Untuk studi mereka, SUNY Doctoral Diversity Fellow dan peneliti utama, Justin Garcia, merekrut 181 orang dewasa muda. Peserta diminta untuk mengisi kuesioner tentang perilaku seksual mereka, serta menyerahkan sampel DNA yang akan diuji untuk menentukan variasi DRD4 dalam DNA mereka.

Menurut temuan tim yang diterbitkan dalam jurnal "PLOS One," setiap orang memiliki DRD4, tetapi semakin banyak yang dimiliki, semakin rentan orang tersebut untuk tertarik pada hal-hal yang mungkin tak seharusnya dilakukan, termasuk selingkuh. Hal ini karena gen ini membuat seseorang ingin merasakan 'sensasi' saat melakukannya.

Menurut Garcia, semuanya kembali ke pelepasan dopamin, alias hormon bahagia. Manusia secara alami tertarik pada aktivitas yang membuat mereka merasakan kesenangan. Tetapi menurutnya, orang yang memiliki gen DRD4 tertentu ini membutuhkan kesenangan yang lebih dari rata-rata orang.

"Orang dengan gen DRD4 membutuhkan lebih banyak rangsangan untuk merasa senang," kata Garcia.

Baca Juga: Waduh Bahaya! 4 Ciri Suami Ketagihan Selingkuh, Perhatikan Moms Jangan Sampai Lolos!

Baca Juga: 3 Trik Mendeteksi Perselingkuhan Pasangan, Nomor 3 Paling Gampang!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza