Menu

Banyak yang Gak Tahu, Penyakit Hepatitis Bisa Menular Lewat 3 Cara Ini

18 Mei 2022 13:35 WIB
Banyak yang Gak Tahu, Penyakit Hepatitis Bisa Menular Lewat 3 Cara Ini

Hepatitis. (iStockphoto/Piotrekswat)

HerStory, Bandung —

Penyakit hepatitis akhir-akhir ini menjadi perbincangan banyak orang sebab belum diketahui apa penyebabnya. Namun, kamu tetap perlu mengetahui berbagai cara penularan peyakit hepatitis. Apa saja? Yuk, simak penjelasan berikut ini dilansir dari berbagai sumber, Rabu (18/5/2022).

1. Rute Enterik: Penularan Hepatitis A dan Hepatitis E

Dugaan pertama untuk menjawab dugaan hepatitis akut menular lewat apa ialah bahwa virus Hepatitis A dan hepatitis E (HAV dan HEV) keduanya dapat ditularkan melalui enterik, yaitu pencernaan atau dengan tinja, rute. Ini juga dikenal sebagai rute fecal-oral.

Salah satu contohnya, yakni manusia menelan kotoran yang terinfeksi virus. Beberapa wilayah di dunia, seperti India, Bangladesh, dan Amerika Tengah dan Selatan, sangat rentan terhadap virus ini. Sekitar sepertiga orang di Amerika Serikat telah terpapar virus hepatitis A.

2. Rute Parenteral: Penularan Hepatitis B, Hepatitis D, dan Hepatitis C

Hepatitis B, C, dan D virus (HBV, HCV, dan HDV) semua ditularkan oleh apa yang dikenal sebagai rute parenteral. Parenteral berarti bahwa virus ini dapat menular melalui semua rute kecuali melalui saluran usus. 

3. Melalui cairan tubuh orang yang terinfeksi

Hepatitis akut dapat menular melalui cairan tubuh orang yang terinfeksi. Virus dapat ditularkan melalui darah, keringat, air mata, air liur, air mani, sekresi vagina, darah menstruasi, dan ASI dari orang yang terinfeksi. 

Peluang seseorang terpapar hepatitis karena terinfeksi cairan tubuh orang yang terinfeksi dapat mencakup berbagi jarum suntik atau mendapatkan tato atau tindikan tubuh dengan alat yang terinfeksi, dan bisa juga melalui hubungan seksual. Faktanya, hampir dua pertiga kasus hepatitis B akut di Amerika Serikat terjadi melalui hubungan seksual.

Demikian itu informasi kemungkinan hepatitis akut menular lewat apa. Semoga informasi di atas bermanfaat. Jaga kesehatan dan juga jaga lingkungan Anda tetap sehat.

Baca Juga: Bahaya! Ini 11 Tanda Kamu Menderita Hepatitis Kronis, Cek Sekarang!

Baca Juga: Moms Wajib Waspada! Hepatitis Misterius Mengancam Nyawa Anak, Ini 2 Gejala yang Paling Umum!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.