Beauty, terkadang masih banyak orang yang memasak kelebihan sehingga disimpan di dalam kulkas untuk disantap keesokan harinya. Memang tak bisa dipungkiri kalau makanan sisa itu menjadi penyelamat kamu saat sedang malas untuk memasak. Hanya dipanaskan saja dengan serangkaian alat masak, makanan sisa tadi siap disantap lagi oleh kamu.

Sebenarnya hal tersebut enggak baik lho untuk dimakan. Ada beberapa makanan yang dapat membuat perut kamu sakit, bisajadi sampai keracunan. Makanan yang harusnya enak kamu santap, berubah menjadi makanan yang meracuni tubuh kamu. Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/8/2020) apa saja ya itu? Berikut di antaranya:

Jamur

Jika kamu memasak menggunakan bahan jamur, lebih baik pikirkan terlebih dahulu sebelum kamu menghangatkannya. Menurut organisasai European Food Information Council, mengatakan kalau jamur mengandung protein yang bisa rusak karena bakteri dan enzim tak disimpan dengan baik.

Saat kamu menghangatkan jamur kembali, kandungannya pun berubah menjadi beracun bagi tubuh kamu dan akan membuat kamu alami sakit perut. 

Bayam

Memang sih bayam itu sayuran hijau yang mengandung zat besi dan nitrat. Bisa dibilang, bayam adalah sayuran yang menyehatkan. Tapi, semua itu berubah menjadi racun saat kamu mengonsumsinya setelah menjadi makanan sisa.

Merangkum dari laman Business Insider, memanaskan bayam kembali akan mengubah kandungan nitrat menjadi nitrosamine. Beberapa zat itu memiliki sifat karsinogenik yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker. Waspada ya! Selain itu, Ntrosamine juga bisa menurunkan kemampuan menyerap oksigen yang disalukan di dalam tubuh.

Seafood

Banyak sekali orang yang mencintai makanan satu ini. Seafood sanget lezat untuk dikonsumsi, apalagi ketika baru dimasak. Tapi apakah makanan laut akan aman jika dipanaskan kembali menjadi santapan? Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), seafood mentah yang dibekukan aman untuk dimasak kembali. Tapi enggak untuk seafood yang sudah dimasak atau disajikan.

Sebab, seafood bisa berubah menjadi sarang bakteri. Saat kamu memakannya, risiko keracunan makanan dan diare pun kerap kamu alami nantinya. FDA menyarankan membuang seafood setelah dua jam berada di suhu ruangan.

Kentang

Kentang termasuk salah satu bahan makanan favorit lho. Bagimana enggak? Kentang enak banget saat dijadikan kentang goreng, kentang balado, bahkan kentang tumbuk. Tapi sayang, kentang bisa berubah menjadi makanan yang tak sehat bagi tubuh. Merangkum dari The Healthy, sisa kentang yang dibiarkan begitu saja di pada suhu ruangan akan berisiko ditumbuhi Clostridium Botulinum. 

Sebuah bakteri penyebab botulisme yang menyerang sistem saraf. Jika kamu tak bisa menghabiskan bahan sisa itu, lebih baik segera memasukannya kedalam wadah yang kedap udara. Simpan dalam kulkas supaya bakteri tak berkembang biak.

Nasi

Terakhir, bahan makanan ini sering banget tersisa. Pasti kamu juga sering mengubah nasi sisa semalam menjadi nasi goreng untuk besoknya. Tapi, hal tersebut malah memicu fried rice sydrome, yakni keracunan akibat bakteri bacillus cereus yang berkembang biak di dalam nasi sisa.

Pada tahun 1970, sekitar 63 orang yang jatuh sakit karena nasi sisa lho. Gejala fried rice syndrome meliputi diare, mual, muntah, dan sakit perut yang hebat.

Baca Juga: Moms, Ini yang Harus Dilakukan Jika Anak Keracunan Makanan!

Semoga bermanfaat ya!