Kanker kandung kemih lebih mematikan bagi wanita dibandingkan pria. Kanker kandung kemih diketahui 114 persen lebih mematikan pada wanita, meskipun pria empat kali lebih berisiko alami kanker kandung kemih. Untuk itu, penting untuk melakukan langkah-langkah pencegahan.

Salah satu langkah untuk melakukan pencegahan adalah dengan rutin mengonsumsi sayur dan buah. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition ini meneliti kemungkinan efek buah dan sayuran terhadap risiko kanker kandung kemih, sebagai bagian dari Studi Multiethnic Cohort (MEC), yang didirikan pada 1993 untuk mengevaluasi hubungan antara diet, gaya hidup, dan genetik, beberapa faktor yang berhubungan dengan risiko kanker.

Para peneliti dalam studi tersebut meninjau data yang dikumpulkan dari 185.885 orang dewasa yang lebih tua dan menemukan 581 kasus kanker kandung kemih invasif yang didiagnosis pada 429 pria dan 152 wanita. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran serta memiliki asupan vitamin A, C, dan E yang lebih tinggi memiliki risiko paling rendah untuk terkena kanker kandung kemih. Selain itu, wanita yang mengonsumsi banyak sayuran dan buah berwarna kuning-oranye, seperti jeruk, pisang, lemon, grapefruit, mangga, wortel serta kentang memiliki kemungkinan 52 persen lebih kecil untuk didiagnosis dengan kanker kandung kemih

"Studi kami mendukung rekomendasi buah dan sayuran untuk pencegahan kanker."Namun, penyelidikan lebih lanjut diperlukan untuk memahami dan menjelaskan mengapa penurunan risiko kanker dengan konsumsi buah dan sayuran yang lebih tinggi hanya terbatas pada wanita," kata Song-Yi Park, Ph.D., penulis utama studi tersebut dikutip dari Medical Daily (21/8/2020).

Baca Juga: Meski Banyak yang Gak Suka, Namun Brokoli Memiliki Banyak Manfaat Lho!

American Cancer Society merekomendasikan makan setidaknya dua setengah cangkir buah dan sayuran sehari untuk menurunkan risiko kanker. Buah dan sayur mengandung vitamin, mineral, fitokimia, dan antioksidan yang memiliki sifat melawan kanker. Untuk secara alami mengurangi risiko kanker kandung kemih, belilah buah dan sayuran berwarna kuning-oranye karena mengandung zeaxanthin, flavonoid, likopen, kalium, dan vitamin A dan C.