Juru Bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, mengimbau masyarakat yang ingin berlibur saat akhir pekan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Hal tersebut dilakukan guna mencegah penularan serta lonjakan kasus virus corona di Tanah Air.

Menurut Prof Wiku, klaster keluarga tak akan terjadi apabila tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan saat menjalani libur akhir pekan. Tak hanya pihak yang berlibur, tetapi juga dari pihak penyelenggara wisata, seperti pihak hotel dan pihak tempat wisata.

"Potensi klaster keluarga atau keluarga yang mengikuti kegiatan long weekend ini akan tidak terjadi apabila penyelenggara wisata, hotel, dan tempat wisata lainnya termasuk orang-orang yang bepergian wisata betul-betul menerapkan protokol kesehatan dengan ketat," imbuh Prof Wiku saat konferensi pers virtual di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (20/8/2020).

Ia pun kembali mengimbau masyarakat untuk peduli akan kesehatan dengan menjalani protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan demi terhindar dari infeksi virus corona.

"Ini adalah suatu ujian buat kita semuanya semoga dengan menjaga betul-betul tidak terjadi lonjakan kasus dan tidak terjadi penularan," imbaunya.

Baca Juga: Kabar Bahagia! WHO 'Restui' Vaksin Corona Buatan Cina, Pertanda Berkhirnya Pandemi?

"Mohon betul-betul disiplin diterapkan baik penyelenggara fasilitas wisata maupun aparat yang ada di setiap daerah wisata," tutupnya.