Beauty, pasti sulit banget buatmu yang sedang depresi untuk menjalani hari-hari dengan normal. Terkadang, kamu jadi hancur lebur dan hidupmu berantakan. Tapi kadang kala, kamu justru mati rasa saking terlalu lelah dianggap lemah. Kendati demikian, mengatasi hal ini ada caranya, kok.

Pandemi COVID-19 ini pasti membuatmu jadi jauh lebih terpuruk daripada biasanya. Kalau gitu, nggak ada salahnya untuk mengikuti tips ini supaya kamu tetap bisa bertahan hidup di tengah perasaan depresi yang tak kunjung sembuh.

Berikut cara bertahan hidup dari depresi yang bisa kamu ikuti.

1. Meningkatkan rasa bertanggung jawab

Meskipun kamu terpuruk banget, tapi bukan berarti kamu harus melupakan dirimu yang harus mengerjakan banyak rutinitas, baik sekolah atau bekerja, kamu harus tetap melakukannya meskipun dilanda depresi. Kuat bukan berarti mati rasa, kok. 

Satu hari berisi 24 jam, nggak bisa kamu mengisi 24 jam itu hanya dengan melamuni depresimu ini. Kalau kamu beraktivitas, tentunya kamu jadi menyadari bahwa kamu harus tetap hidup meskipun kelelahan dengan perasaan depresi ini.

2. Beribadah

Terlalu klasik memang, tapi kenyataannya dengan mengingat bahwa kamu nggak cuma hidup untuk dunia tapi untuk kehidupan selanjutnya di akhirat, bisa membuat kamu menyadari kamu harus tetap menjalani hidup. 

Gunakan Tuhan sebagai penguatmu untuk masa-masa sulit ini, saat senang saja kamu bisa mengingat Tuhan, apalagi di saat sulit. Kebanyakan orang depresi pasti merasa nggaka ada orang yang mengerti keadaanmu, maka ini adalah waktu yang tepat untuk mendekatkan diri pada Tuhan.

3. Lakukan sesuatu yang membuatmu senang

Kamu suka jalan-jalan? Suka kuliner? Suka membaca? Suka menulis? Suka apapun itu, lakukanlah untuk membuatmu merasa tenang dan lebih baik lagi. Jangan halangi hal yang kamu sukai ini karena depresi.

Kalau kamu merasa nggak punya cukup dana untuk memenuhi kesukaanmu, maka carilah cara supaya kamu bisa memenuhi hobimu ini. Kalau begini, kamu bisa sedikit mendistrak pikiranmu supaya nggak memikirkan masalahmu terus.

4.Berteriaklah

Berteriak bisa membuatmu merasa lebih lega, lho. Kamu bisa jalan-jalan dan berteriak di pantai atau pegunungan. Kamu juga bisa karaokean untuk bernyanyi sambil meluapkan emosimu.

Tapi ingat ya, jangan sampai kamu berteriak pada orang lain, seperti marah-marah, karena itu bisa memperparah depresimu karena perasaan bersalah setelah melakukan hal itu. Jika ada seseorang yang membuatmu kecewa, maka katakanlah padanya bagaimana perasaanmu dengan baik.

5. Mengutarakan perasaan

Jangan hanya diam dan merasa nggak enakan. Kamu harus menyatakan apa yang membuatmu hancur lebur begini. Kamu bisa meluapkannya langsung pada orang itu atau melalui media lain.

Suka menulis? Maka buatlah tulisan yang menggambarkan peristiwa itu. Suka menggambar? Gambarlah apa yang membuatmu depresi. Suka apapun yang bisa menyalurkan perasaanmu secara positif penting banget untuk dilakukan.

Baca Juga: Wow! Ternyata Inilah 5 Tempat Pemicu Serangan Panik!

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi depresimu supaya tetap produktif. Ingat ya, kalau depresimu makin parah, penting banget untuk konsultasi ke psikiater atau psikolog. Stay healty, Beauty!