Menu

5 Penyebab Alis Sering Kedutan, Benarkah Karena Kurang Gizi?!

19 Mei 2022 08:25 WIB
5 Penyebab Alis Sering Kedutan, Benarkah Karena Kurang Gizi?!

Ilustrasi kulit keriput. (Freepik/valuavitaly)

HerStory, Jakarta —

Kedutan alis adalah kondisi dimana otot alis terasa kejang dan akhirnya bergerak tanpa kondisi dan tanpa disengaja. Gejala ini biasanya hampir sama seperti kedutan mata dimana hanya satu bagian yang mengalami kedutan.

Kedutan ini biasanya tak berlangsung lama dan tak menimbulkan rasa sakit, hanya saja menimbulkan efek mengganggu dan kurang nyaman.

Salah satu pemicu dari kedutan alis adalah gaya hidup yang kita jalani. Pasokan dalam tubuh juga perlu seimbang, karena ketika tubuh kekurangan atau kelebihan sesuatu dapat menyebabkan kerusakan pada sel saraf, dan salah satu efeknya yaitu kedutan alis.

Melansir Medical News Today, berikut penyebab dari kedutan alis!

1. Stres

Stres dapat menjadi salah satu pemicu dari kejang otot. Untuk menguranginya, kamu dapat melakukan aktivitas fisik ringan yang dapat merilekskan tubuh, seperti meditasi, yoga, dan melatih pernapasan dalam. Meskipun hanya aktivitas ringan, jika dilakukan secara rutin bisa jadi dapat mengurangi atau menghilangkan gejala kejang otot di kemudian hari.

2. Kekurangan magnesium

Magnesium sangat berperan penting dalam mempertahankan kenormalan fungsi saraf dan otot.Kejang otot merupakan salah satu gejala dari kekurangan magnesium. Gejala lainnya yang dapat ditimbulkan adalah mual, kelelahan, lemah, bergetar, dan kehilangan selera makan.

Untuk memenuhi kembali kebutuhan akan magnesium dalam tubuh, kamu perlu mengonsumsi makanan kaya akan magnesium seperti, almond, kacang tanah, kacang merah, bayam, susu kedelai, dan alpukat.

Baca Juga: 4 Tanda Kurang Gizi yang Wajib Diwaspadai, Bayi Terancam Alami Stunting Moms

Baca Juga: Ternyata Kedutan Bisa Jadi Tanda Kanker Lho, Kenali Penyebabnya Nih!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza