Hai moms! Kamu tahu enggak sih, kalau ternyata mengkonsumsi nasi putih terlalu berlebih itu tak baik untuk kesehatan lho! Beberapa orang mengurangi konsumsi nasi putih untuk melancarkan diet. Mereka mengganti nasi putih dengan makanan berkarbohidrat lain yang memiliki kalori rendah.

Menurut banyak ahli gizi, ternyata mengonsumsi nasi juga dapat memberikan berbagai dampak negatif bagi kesehatan. Seperti yang sudah HerStory rangkum dilansir dari berbagai sumber Sabtu (22/8/2020), mengurangi konsumsi nasi disebut bisa memberikan empat manfaat bagi tubuh dan berikut di antaranya, catat baik-baik ya!

Mengurangi risiko alergi

Ada beberapa orang yang mengalami alergi karena memakan nasi putih. Mengurangi konsumsi nasi putih secara otomatis akan mengurangi risiko munculnya alergi yang biasanya muncul dengan gejala seperti gatal-gatal, bersin, dan sesak napas.

Mengurangi risiko obesitas

Selain mengurangi risiko alergi, tak mengonsumsi nasi juga dapat mengurangi risiko obesitas. Nasi putih yang dikonsumsi akan berubah menjadi energi. Namun, jika kita kurang bergerak dan malas berolahraga, maka nasi akan berubah menjadi lemak dan membuat berat badan naik.

Sistem perncernaan lebih lancar

Kebiasaan enggak mengonsumsi nasi putih akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Pasalnya, karbohidrat yang terkandung dalam nasi putih dapat menyebabkan munculnya gangguan pencernaan jika dikonsumsi terus menerus. 

Menjaga kadar gula darah

Baca Juga: Wanita Perlu Tahu, Ini 5 Jenis Gangguan Menstruasi yang Enggak Boleh Kamu Abaikan!

Mengurangi konsumsi nasi juga bisa menjaga kadar gula darah dalam tubuh karena tingginya indeks glikemik pada nasi dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Karena itu, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi nasi putih, terutama penderita diabetes melitus.