Beauty, kamu suka olahraga jogging atau jalan santai? Jenis olahraga ini banyak disukai karena mudah dilakukan dan tak perlu merogoh kocek yang dalam demi menyehatkan tubuh. Tapi, tahukah kamu ternyata jogging secara teratur dapat memperpanjang umur lebih dari lima tahun lho.

Hal tersebut bukan hanya omong kosong, melainkan sudah dibuktikan analisis penelitian terbaru dari Denmark. Peter Schnohr, kepala ahli jantung dari Studi Jantung Kota Kopenhagen, mengatakan kepada para delegasi pada pertemuan European Society of Cardiology di Dublin bahwa jogging selama satu dan dua setengah per minggu dapat menambah umur sekitar 6,2 tahun untuk pria dan 5,6 tahun untuk wanita.

"Kami dapat mengatakan dengan pasti bahwa jogging secara teratur dapat meningkatkan umur panjang," imbuh Schnohr dikutip dari Medical Daily (23/8/2020).

Copenhagen City Heart menyarankan untuk melakukan jogging selama 60 menit per minggu. Schnohr merekomendasikan pelaku jogging merasa sedikit sesak saat berolahraga.

Analisis ini juga menunjukkan bahwa risiko kematian berkurang sebesar 44 persen baik untuk pria maupun wanita yang rutin melakukan jogging. Harapan hidup meningkat 6,2 tahun pada pria dan 5,6 tahun pada wanita.

Baca Juga: Wah, Rutin Bersepeda Bisa Turunkan Risiko Kanker hingga Jantung Lho! Ini Penjelasannya

Selain umur panjang, Schnohr mengatakan jogging memiliki manfaat kesehatan lain, seperti menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi jantung, mencegah obesitas, dan meningkatkan fungsi psikologis. Studi mereka telah diterbitkan dalam jurnal medis peer-review.