Memiliki gigi yang cerah jadi dambaan banyak orang. Pasalnya gigi cerah membuat tingkat kepercayaan diri meningkat dan senyum pun semakin memesona. Banyak cara dilakukan demi memiliki gigi yang cerah. Enggak perlu repot! Kabarnya kamu bisa manfaatkan minyak kelapa untuk mencerahkan gigi lho. Gimana caranya?

Ester Rubin, seorang Dokter gigi holistik dan asisten profesor klinis dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Columbia mengklaim bahwa minyak kelapa memiliki khasiat yang menakjubkan bagi gigi. Ya, minyak kelapa bermanfaat sebagai pemutih gigi. Selain itu, minyak kelapa juga dapat menurunkan sensitivitas gigi. Selain itu, ia juga mencatat bahwa minyak kelapa dapat mencegah gigi berlubang.

Minyak kelapa tidak menghilangkan noda ekstrinsik pada enamel yang biasanya terlepas dari gigi saat menyikat. Namun, itu (minyak kelapa) memperkuat dentin yang merupakan lapisan di bawah enamel yang lebih sulit dirawat oleh dokter gigi. Dengan demikian, ia (minyak kelapa) memiliki khasiat pemutih, mengurangi sensitivitas gigi dan mencegah gigi berlubang," ujarnya kepada Mind Body Green.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di US National Library of Medicine, sifat antibakteri dari minyak kelapa kemungkinan dapat mencerahkan gigi karena pengangkatan kotoran yang merupakan penyebab utama gigi berubah warna jadi lebih gelap.

Oil pulling, tradisi ayurveda kuno, menghilangkan kotoran di mulut dengan menyebarkan minyak di mulut selama 20 menit. Setelah itu, berkumur dengan air garam hangat lalu buang residunya sehingga mulut bersih dan bebas bakteri penyebab gigi kuning.

Jika tak nyaman melakukan oil pulling, dr Rubin menyarankan untuk mencelupkan sikat gigi dengan minyak kelapa dan sikat selama dua menit. Setelah itu, bilas sikat dan bersihkan gigi seperti biasa. Metode ini dikatakan dapat memutihkan gigi.

Dalam sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Natural Science, Biology and Medicine, ditemukan bahwa orang yang melakukan oil pulling dalam waktu sepuluh hari telah berhasil mengurangi plak di gigi dibandingkan dengan mereka yang hanya menggunakan obat kumur chlorhexidine.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini Sederet Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Sesuai Medical News Today, ketika air liur bercampur dengan bakteri dari partikel makanan yang tertinggal di mulut, itu akan membentuk lapisan tembus cahaya yang disebut plak yang membentuk karang gigi. Yang terakhir inilah yang menyebabkan gigi menjadi gelap. Dengan demikian, menghilangkan bakteri dari mulut meningkatkan gigi yang lebih putih karena mencegah penumpukan plak.