Menu

Usai Covid-19, Kini Muncul Hepatits Akut Misterius, Pemerintah Himbau Warga Lakukan Tetap Lakukan Hal Ini

19 Mei 2022 23:30 WIB
Usai Covid-19, Kini Muncul Hepatits Akut Misterius, Pemerintah Himbau Warga Lakukan Tetap Lakukan Hal Ini

Hepatitis. (Thinkstock)

HerStory, Rembang —

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengimbau seluruh tenaga kesehatan dan masyarakat untuk waspada terhadap penyakit hepatitis akut.

Sebelumnya, tiga anak diketahui meninggal dunia akibat hepatitis akut misterius yang belum diketahui jenisnya. Imbauan IDI dan IDAI pun dikeluarkan guna menindaklanjuti Surat Edaran dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Sekaligus edaran Kementerian Kesehatan melalui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dengan nomor surat HK.02.02/C/2515/2022 Tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology) pada 27 April 2022.

"Kami meminta Organisasi Profesi Medis di bawah IDI, seluruh dokter, dan tenaga kesehatan yang bertugas di berbagai jenis fasilitas kesehatan tingkat pertama yakni puskesmas, posyandu, klinik praktik mandiri, serta dokter praktik perorangan waspada," ujar Ketua Umum PB IDI, dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT dalam keterangannya, dikutip dari Antara, Kamis (19/5/2022).

Sementara, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (PP IDAI), dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) menambahkan seluruh dokter anak dan residen dokter anak juga turut mengawasi apabila gejala diatas muncul pada pasiennya.

Baca Juga: Bahaya! Ini 11 Tanda Kamu Menderita Hepatitis Kronis, Cek Sekarang!

Baca Juga: Moms Wajib Waspada! Hepatitis Misterius Mengancam Nyawa Anak, Ini 2 Gejala yang Paling Umum!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.