Menu

Jangan Abai! Keputihan pada Puting Bisa Jadi Indikasi 3 Penyakit Berbahaya, Nomor 2 Menyangkut Soal Janin

20 Mei 2022 11:00 WIB
Jangan Abai! Keputihan pada Puting Bisa Jadi Indikasi 3 Penyakit Berbahaya, Nomor 2 Menyangkut Soal Janin

Ilustrasi wanita yang memijat payudara. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Medan —

Keputihan pada puting biasanya dialami oleh ibu hamil atau yang sedang menyusui. Namun, dalam beberapa kasus kondisi ini merupakan indikasi dari penyakit.

Keluarnya cairan dari puting saat hamil atau menyusui adalah hal normal. Namun, bagaimana jika kamu tak sedang mengalami kondisi tersebut?

Berikut beberapa penjelasan mengenai keputihan pada puting, Yuk, simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini, Jumat (20/5/2022).

1. Hormon prolaktin

Dalam beberapa situasi, keluarnya cairan dari puting susu tanpa kehamilan terjadi karena meningkatnya kadar hormon prolaktin, dan prolaktin yang tinggi tersebut dikatakan sebagai penyebab kemandulan. Ini biasanya terjadi karena prolaktin menghentikan seorang wanita dari berovulasi dan juga mengganggu siklus menstruasi.

Kondisi ini disebut hiperprolaktinemia. Dalam beberapa kasus kadar prolaktin yang tinggi, seorang wanita mungkin berovulasi, namun tidak menghasilkan cukup hormon progesteron setelah ovulasi.

2. Keguguran

Dalam beberapa kasus hiperprolaktinemia ringan, ovarium dapat melepaskan sel telur pada waktunya tetapi tubuh mungkin tidak menghasilkan jumlah progesteron yang cukup. Ini memperpendek fase luteal yang mengikuti ovulasi. 

Akibatnya, jika sel telur dibuahi, ia mungkin tidak dapat menempelkan dirinya ke rahim. Dengan demikian wanita tersebut dapat mengalami keguguran bahkan sebelum dia menyadari bahwa dia hamil.

Baca Juga: Catat Baik-Baik! Ini 6 Jenis Keputihan yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: Sering Alami Keputihan? Ikuti 5 Cara Ini untuk Mengatasinya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Noorma Amalia Siregar