Menu

4 Perbedaan Hepatitis Akut dan Hepatitis Biasa, Wajib Tahu Moms!

20 Mei 2022 16:20 WIB
4 Perbedaan Hepatitis Akut dan Hepatitis Biasa, Wajib Tahu Moms!

Hepatitis. (iStockphoto/Piotrekswat)

HerStory, Bandung —

Berita mengenai virus hepatitis kini ramai diperbincangkan masyarakat. Pasalnya penyakit hepatitis akut misterius ini belum diketahui penyebabnya.

Hal ini juga yang menyebabkan banyak orang tak bisa membedakannya dengan hepatitis biasa. Lalu, bagaimana membedakan hepatitis biasa dengan hepatitis akut? Coba simak penjelasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (20/5/2022).

Penyebab

Hepatitis biasa, atau yang sudah dikenal, disebabkan oleh infeksi virus hepatitis ke dalam tubuh manusia. Di sisi lain, hepatitis akut terdeteksi berasal dari adanya infeksi adenovirus yang masuk ke dalam tubuh melalui berbagai cara.

Meski disebabkan oleh virus yang berbeda, namun gejala yang muncul akan sangat mirip. Misalnya saja demam, kelelahan, pusing, tidak enak badan, dan menurunnya nafsu makan.

Ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa

Penyakit hepatitis di berbagai jenis yang sudah dikenali sebelumnya memang ada sejak lama. Meski penyebarannya masih cukup masif, namun status dari WHO untuk penyakit ini cenderung standar saja.

Di sisi lain hepatitis akut sudah masuk dalam golongan Kejadian Luar Biasa karena dapat menyerang anak-anak dan efeknya sangat serius. Masifnya penyebaran penyakit ini dalam kurun waktu yang singkat, membuatnya menjadi perhatian organisasi kesehatan dunia tersebut.

Baca Juga: Bahaya! Ini 11 Tanda Kamu Menderita Hepatitis Kronis, Cek Sekarang!

Baca Juga: Moms Wajib Waspada! Hepatitis Misterius Mengancam Nyawa Anak, Ini 2 Gejala yang Paling Umum!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.