Menu

Intip Cara Agar Vagina Punya Aroma yang Semerbak, PakSu Dijamin Makin Nempel!

20 Mei 2022 20:30 WIB
Intip Cara Agar Vagina Punya Aroma yang Semerbak, PakSu Dijamin Makin Nempel!

Ilustrasi kebersihan Miss V (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Aroma vagina wanita bergantung pada banyak hal seperti pola makan, asupan gula, dan tentu saja kebersihan. Vagina yang sehat berbau sedikit aneh tetapi baunya terus berubah.

Ketika wanita sedang menstruasi maka mungkin mendapatkan bau logam, ini karena darah mengandung zat besi. Kabar baiknya adalah vagina dapat membersihkan sendiri, jadi wanita gak boleh menggunakan produk berbahan pengawet untuk membersihkannya.

Tapi tenang, ada cara alami agar vagina harum dan beraroma seperti mawar. Dilansir dari Healthshots, berikut lima hal yang bisa dilakukan untuk membuat vagina punya aroma yang semerbak:

1. Basuh diri dengan air setiap kali buang air kecil

Menurut Dr Sandeep Chadha, konsultan kebidanan dan ginekolog di Rumah Sakit Ibu, Noida, membasuh vulva dengan air setiap kali buang air kecil atau mandi untuk memastikan urine gak bau di sana adalah kunci yang pertama.

2. Hindari makan terlalu banyak junk food

Junk food mempengaruhi keseimbangan pH vagina. Faktanya, terlalu banyak gula dapat menyebabkan infeksi yang disebut bakteri vaginosis. Untuk membuat vagina wangi, kamu harus menambahkan lebih banyak buah dan sayuran berdaun hijau ke dalam makanan. Kamu juga harus makan salad dan yogurt tawar.

3. Ganti celana dalam setiap hari

Kebersihan pribadi adalah sangat penting jika ingin miss v berbau segar. Juga, lebih suka celana dalam katun daripada yang sintetis. Ditambah lagi, jika kamu banyak berkeringat di bawah maka gantilah celana dalam sekali atau dua kali sehari, karena terlalu banyak keringat juga dapat menyebabkan infeksi dan bau busuk.

4. Jaga agar diri tetap terhidrasi

Tetap terhidrasi berarti kamu akan buang air kecil yang tidak berbau. Dan karena ini vagina juga akan lebih wangi.

5. Bersihkan vagina setelah berhubungan seks

Semen, lateks pada kondom, lubes, dan mainan seks – semuanya mampu mengubah keseimbangan pH vagina dan menyebabkan bau tak sedap. Tetapi jika membersihkannya dengan air atau dengan lap setelah penetrasi, kamu dapat menghindari masalah ini.

“Satu hal yang harus selalu diingat adalah bahwa kamu tidak boleh membersihkan vagina dengan tisu toilet karena dapat menggores labia minora dan menyebabkan retakan kecil yang selanjutnya dapat menyebabkan infeksi dan bau tak sedap,” Dr Chadha menyimpulkan.

Baca Juga: Hati-Hati! Bersihkan Miss V Pakai Sabun Bikin Bahaya

Baca Juga: Kamu Suka Pakai Tisu Toilet Usai Pipis? Amankah untuk Kesehatan Miss V?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Cherryn Lagustya