Beauty, mungkin selama ini kamu selalu membedakan antara kemeja pria dan wanita lewat letak kancingnya bukan? Kancing kemeja dan wanita memiliki sisi yang berlawanan. Kancing kemeja wanita selalu berada di sisi kiri, sedangkan pria ada di sisi kanan.

Beauty tahu enggak sih, kalau ternyata ada alasan di balik kancing kemeja pria dan wanita yang selalu berbeda sisi lho!

Insider mencatat, teori yang paling umum mengapa kancing untuk kemeja pria dan wanita berada di sisi yang berbeda adalah karena dulu pakaian pria digunakan untuk menyembunyikan senjata (red: pakaian militer).

Sehingga, memiliki kancing di sisi kanan memungkinkan akses lebih mudah untuk menyembunyikan atau mengeluarkan senjata yang mereka miliki.

Lain halnya dengan wanita, wanita bangsawan pada pertengahan 1800-an ketika berpakaian itu dibantu oleh pelayan mereka. Kancing disebelah kiri membuat para pelayan lebih nyaman membantu majikannya dalam berpakaian.

"Pembantu wanita mereka melakukannya. Karena kebanyakan orang tidak kidal, ini memudahkan seseorang yang berdiri dihadapanmu untuk mengancingkan gaunmu," kata Melanie M. Moore, seorang perancang busana merek Elizabeth & Clarke.

Lalu, dari mana kancing itu berasal?

Mengutip dari laman thelist, menurut An Encyclopedia of History of Technology, kancing sebelumnya digunakan sebagai ornamen daripada sebagai sesuatu untuk mengikat pakaian. 

Di abad ke-13, kancing menjadi barang yang terbilang mewah. Sehingga sering digunakan sebagai mata uang. Pada abad ke-18, kancing ditampilkan pada pakaian dengan alasan mengikuti perkembangan zaman. 

Meski begitu, kancing masih menjadi barang yang sangat berharga sehingga para pelancong yang kehabisan uang, dapat mengambil kancing dari kemeja atau jaket yang digunakannya sebagai alat transaksi pembayaran.

Wah! coba tradisi itu berlaku hingga saat ini ya Beauty! Enggak kebayang betapa mahalnya kancing kalau dijual!