Cokelat jadi salah satu makanan favorit banyak orang. Selain karena rasa manisnya, cokelat juga banyak dikonsumsi karena memiliki manfaat untuk tubuh. Nah, kamu udah tahu belum bahwa mengonsumsi cokelat bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung hingga stroke?

Bukan hanya omong kosong, hal itu telah dibuktikan oleh penelitian. Salah satunya dilakukan oleh para peneliti di University of Aberdeen. Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi satu bar kecil cokelat sehari bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 11 persen. Sedangkan untuk penyakit stroke bisa berkurang hingga 23 persen.

Para peneliti mengatakan konsumsi cokelat maksimal 100 gram sehari dikaitkan dengan penurunan stroke dan penyakit kardiovaskular selama 12 tahun. Orang-orang yang rutin mengonsumsi cokelat paling banyak cenderung lebih muda, memiliki berat badan lebih rendah, tekanan darah cenderung stabil, dan lebih kecil kemungkinannya untuk menderita diabetes.

Jadi, berapa banyak cokelat yang harus dikonsumsi?

Baca Juga: Hari Jantung Sedunia, Kenali Risiko Jantung pada Wanita Yuk!

Melansir laman Medical Daily (24/8/2020) studi menunjukkan konsumsi moderat sekitar satu ons, atau 25 gram coklat sekali seminggu atau sekitar sepertiga dari batang coklat dapat dikaitkan dengan manfaat kesehatan. Namun, hingga kini masih belum ada kejelasan mengenai porsi konsumsi cokelat yang baik.