Suka atau benci, faktanya sayuran hijau adalah bagian penting dari konsumsi harian untuk menyehatkan tubuh. Penelitian baru dari Edith Cowan University di Australia menunjukkan bahwa brokoli, salah satu sayuran hijau, bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah.

Melansir laman Medical Daily (24/8/2020) para peneliti mempelajari sekelompok 684 wanita rata-rata berusia 75 tahun. Dalam penelitian ini digunakan kuesioner frekuensi makanan. Responden wanita tersebut pun harus melaporkan konsumsi sayuran selama 12 bulan sebelumnya, termasuk sayuran brokoli.

Hasilnya menunjukkan bahwa wanita yang makan lebih banyak sayuran ini memiliki peluang lebih rendah alami arteri yang mengeras. Jika arteri mengeras tentu akan menghambat aliran darah sehingga mengganggu fungsi organ jantung.

Para peneliti mencatat bahwa wanita yang makan lebih dari sekitar 45 gram sehari sayuran brokoli 46% lebih kecil kemungkinannya mengalami banyak pengapuran di dalam hati mereka dibandingkan wanita yang hanya makan 15 gram sehari.

Baca Juga: Hari Jantung Sedunia, Kenali Risiko Jantung pada Wanita Yuk!

Pengapuran pembuluh darah terjadi ketika tubuh menumpuk lemak dan kalsium di sepanjang sisi pembuluh dara. Ini mengeras dan mempersempitnya dan dapat memprediksi stroke dan serangan jantung.