Menu

Hepatitis Akut Misterius Merebak di Indonesia, Benarkah Penyakit Ini Menular Lewat Makanan?

20 Mei 2022 23:25 WIB
Hepatitis Akut Misterius Merebak di Indonesia, Benarkah Penyakit Ini Menular Lewat Makanan?

Ilustrasi seorang wanita didiagnosa tipes. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Rembang —

Hepatitis akut misterius atau tanpa sebab masih menjadi perbincangan hangat lantaran kasusnya kian meningkat di berbagai negara. Bahkan di Indonesia, tercatat penambahan satu kasus kematian yang diduga terkait hepatitis akut tersebut di Tulungagung.

Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Irsan Hasan SpPD, dalam acara Hidup Sehat tvOne, menuturkan bahwa sebenarnya hepatitis akut ini disebut misterius karena belum diketahui penyebabnya.

Dalam laporan yang ada, kebanyakan pasien anak mengalami perubahan tubuh kuning, mual, muntah, disertai gangguan fungsi hati.

"Kasus ini beda dengan hepatitis lain. Biasanya hepatitis akut, itu udah biasa, 3-4 bulan lalu ada outbreak di Kebumen, sempat juga di Bogor. Bedanya, hepatitis akut ini berat pada mayoritas anak. Hepatitis akut yang biasanya muncul itu pada usia lanjut. Anak-anak santai aja kalau kena hepatitis," jelasnya, Senin 9 Mei 2022.

Lebih lanjut, Dokter Irsan menyebutkan bahwa banyak faktor dari hepatitis seperti pemakaian alkohol, obat tertentu, kondisi obesitas, serta adanya bakteri. Ada pun hepatitis sendiri memang sebagian bisa ditularkan melalui makanan. 

"Yang lewat makanan adalah Hepatitis A dan E. Sumbernya dari makanan tercemar dan tertelan. Hepatitis B dan C tidak lewat makanan. Hepatitis A dan E banyak di kita dan membuat outbreak (wabah)," kata Irsan.

Baca Juga: Cacar Air hingga Campak! Moms, Waspada Penyakit Menular yang Sering Terjadi Pada Anak

Baca Juga: Pasangan Doyan Selingkuh? Hati-hati Penyakit Menular Seksual Ini Dapat Ditularkannya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.