Dengan kemajuan teknologi segalanya semakin mudah didapat. Contohnya pekerjaan yang muncul di era internet, yakni influencer atau selebgram.

Tak perlu sekolah khusus, dengan berbagai macam latar belakang pendidikan, siapa saja bisa jadi influencer. Hanya dengan membagikan konten-konten yang menarik dengan jumlah pengikut yang banyak maka bisa mendapatkan uang dari endorse ataupun kerja sama dengan brand ternama. Bukan cuma dijadikan pekerjaan sampingan, banyak juga influencer atau selebgram yang dijadikan pekerjaan utama.

Beberapa tahun belakangan ini muncul fenomena virtual influencer di mana bukan manusia yang menjadi influencer melainkan sosok virtual yang dibuat sedemikian rupa agar terlihat terlihat nyata seperti layaknya manusia. Salah satu virtual influencer yang juga menjadi pelopornya adalah Lil Miquela Bukan hanya Lil Miquela, berikut ini beberapa virtual influencer yang sukses di media sosial.

1. Lil Miquela, pelopor munculnya virtual influencer. Tak heran jika akun instagramnya diikuti hampir 2 juta jiwa. Ia beberapa kali dijadikan sebagai model ternama salah satunya Chanel dan Fenty Beauty miliki Rihanna.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Miquela (@lilmiquela) pada 17 Mei 2019 jam 4:32 PDT

2. Pemilik akun @Bermudaisbae ini juga enggak kalah populer. Diikuti lebih dari 200 ribu pengikut di instagram, ia kerap membagikan gayanya yang feminin dengan sentuhan warna pink di berbagai OOTDnya. Bermuda juga dikatakan sebagai teman baik Miquela dan sering kali mengunggah foto kebersamaannya.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bermuda (@bermudaisbae) pada 14 Jan 2020 jam 10:39 PST

3. Shudu merupakan salah satu virtual influencer yang juga mengecap dirinya sebagai The World’s First Digital Supermodel. Tampak seperti manusia sungguhan, Shudu ternyata dibuat oleh Cameron James Wilson fotografer ternama. Ia mengaku terinspirasi dari boneka Barbie dari Afrika Selatan. Kini Shudu memiliki pengikut di laman instagramnya sebanyak 198 ribu jiwa.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Shudu (@shudu.gram) pada 14 Jun 2018 jam 12:22 PDT

4. Enggak hanya dari luar negeri, virtual influencer juga ada di Indonesia. Adalah @Thalasya_ yang muncul ke publik pada tahun 2018 silam. Dalam laman instagramnya beberapa kali ia menggungah foto bersama artis-artis Indonesia seperti Aura Kasih, Yuki Kato, hingga Raditya Dika.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Thalasya Official Acc (@thalasya_) pada 24 Jun 2019 jam 10:43 PDT

5. Selain Thalasya, ada juga virtual influencer lain yang ada di Indonesia. Akun instagram @cahaya.gram yang baru saja muncul ke publik pada pertengahan tahun 2019 lalu. Jika Thalasya hadir dengan tampilan rambut yang selalu dikuncir, Cahaya atau yang biasa disapa Aya ini tampil dengan rambut pendek. Seolah nyata, ia membagikan foto dan videoanya saat hadir di acara Jakarta Fashion Week 2020.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Aya (@cahaya.gram) pada 10 Agu 2019 jam 3:12 PDT