Beauty, kamu tahu nggak sih kalau kanker merupakan salah satu penyakit yang paling banyak membunuh masyarakat secara global. Menurut data yang dimiliki oleh Kemenkes pada tahun 2019, angka kejadian kanker di Indonesia berada di angka 136,2 per 100 ribu penduduk lho! Hal ini akhirnya membuat negara kita menjadi negara di peringkat ke-8 dengan penderita kanker terbanyak di Asia Tenggara.

Beberapa kanker memang ada yang diturunkan secara genetik. Namun, jika kamu hidup dengan pola hidup yang sehat maka kanker tersebut bisa dicegah. Untuk itu, berikut ini HerStory merangkum (24/08/2020) cara pencegahan kanker secara alami!

Hilangkan Lemak di Perut

Obesitas merupakan salah satu faktor yang mbisa menimbulkan kanker lho! Tetapi lemak yang menumpuk di perut akan jauh lebih berbahaya lagi untuk kamu. Menurut Jurnal Oncogene dari Michigan State University mengatakan bahwa lemak di perut memiliki kandungan protein yang bisa mengubah sel non-kanker menjadi sel kanker dan tumor. Kamu bisa mengurangi hal ini dengan menjaga pola makan menjadi lebih sehat serta melakukan olahraga yang bisa membantu otot perut.

Kurangi Merokok dan Jangan Coba-Coba

Selanjutnya adalah mengurangi rokok dan untuk yang belum pernah lebih baik enggak mencoba ya! Karena merokok adalah kebiasaan yang paling berpotensi untuk menyebabkan kanker. Menurut data dari Cancer Reseacrh UK mengatakan bahwa rokok bisa menimbulkan tujuh dari sepuluh kanker paru-paru.

Kemudian, kebiasaan merokok juga mampu mengasosiasikan dengan kanker mulut, hidup, hati, pankreas, usus besar hingga ke serviks. Zat yang ada di dalam rokok bisa meningkatkan risiko penyakit ini dengan drastis.

Istirahat yang Cukup

Untuk kamu yang memiliki kesibukan yang padat pasti akan lupa untuk mengatur waktu tidur kamu sendiri, hal ini bisa mengakibatkan diri kamu menjadi kurang istirahat juga. Padahal kebiasaan seperti itu bisa berakibat buruk dan juga membuat tubuh kamu enggak terlindungi dengan baik.

Menurut artikel Business Insider mengatakan bahwa tidur yang hanya dilakukan selama empat hingga lima jam dalam satu hari bisa menurunkan jumlah sel darah putih hingga 70 persen. Hal ini yang akan membuat kamu menjadi mudah terkena kanker karena kurang istirahat.

Meminum Teh Hijau

Teh hijau merupakan minuman yang dikenal memiliki khasiat sejak dahulu kala. Salah satu khasiat yang dimiliki adalah teh ini bisa membantu kamu mencegah kanker. Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer, teh hijau ini bisa membantu kamu dalam melindungi tubuh dari kanker perut dan juga usus besar serta kandungan yang ada di dalam teh ini bisa mencegah sel kanker untuk membelah diri.

Gunakan Sunscreen

Selain memiliki manfaat untuk mencegah kulit agar enggak terbakar sinar matahari, sunscreen juuga bisa digunakan untuk melindungi diri dari risiko terkena nya kanker kulit. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan sunscreen setiap kamu mau pergi ya, meskipun cuaca mendung kamu juga direkomendasikan untuk tetap menggunakanya. Gunakan sunscreen yang memiliki kandungan SPF 30 atau SPF 50.

Baca Juga: Waspada! Ternyata Makanan Ini Bisa Datangkan Kanker Usus

Selamat mencoba ya Beauty! Semoga kita bisa terus sehat hingga tua nanti!