Menu

Gawat! WHO Prediksi Cacar Monyet Bakal Menyebar Luas di Banyak Negara, Ini Hal yang Harus Kamu Lakukan...

24 Mei 2022 14:00 WIB
Gawat! WHO Prediksi Cacar Monyet Bakal Menyebar Luas di Banyak Negara, Ini Hal yang Harus Kamu Lakukan...

Ilustrasi cacar monyet. (Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Banyak wabah penyakit baru yang membuat masyarakat resah, mulai dari hepatitis akut, flu Singapura, dan kini muncul penyakit cacar monyet.

Baru-baru ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memprediksi bahwa kasus cacar monyet akan menggila dan menyebar luas di banyak negara.

"Informasi yang tersedia menunjukkan bahwa penularan dari manusia ke manusia terjadi di antara orang-orang yang melakukan kontak fisik dekat dengan kasus-kasus yang menunjukkan gejala," kata WHO, dikutip dari Reuters.

Cacar monyet merupakan penyakit menular yang biasanya ringan dan endemik di bagian barat dan tengah Afrika. Penyakit ini bisa menyebar melalui kontak dekat, sehingga harus dikendalikan dengan tindakan isolasi diri dan menjaga kebersihan.

Pejabat WHO David Heeymann mengatakan bahwa kontak dekat adalah jalur utama penularan cacar monyet karena lesi khas penyakit ini sangat menular.

Misalnya, orang tua yang merawat anak-anak yang sakit berisiko, sama seperti petugas kesehatan. Itulah sebabnya beberapa negara mulai mengisolasi tim yang merawat pasien cacar monyet menggunakan vaksin cacar.

"Ada vaksin yang tersedia, tapi pesan yang paling penting adalah kamu bisa melindungi diri sendiri," ujar Heymann.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Cara Penularan serta Tanda Gejala Penyakit Cacar Monyet

Baca Juga: Lagi Mewabah, Ini Penyebab dan Gejala Cacar Monyet yang Perlu Kamu Waspadai, Catat Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.