Menu

Berantas GTM Si Kecil Yuk Moms! Catat Cara Agar Si Kecil Lahap Makan MPASI

24 Mei 2022 10:26 WIB
Berantas GTM Si Kecil Yuk Moms! Catat Cara Agar Si Kecil Lahap Makan MPASI

Ilustrasi balita makan buah (Shutterstock / Edited by HerStory)

HerStory, Kuningan —

Moms si kecil sudah mulai MPASI? Jangan kaget lho dalam fase ini Moms pasti merasakan suka dukanya seperti si kecil rewel, sampai gak mau makan. Nah, dikutip dari The Asian Parent berikut suka duka ketika Moms melewati fase MPASI si kecil,

  • Makanan dilepeh atau dimuntahkan oleh si Kecil
  • Si Kecil rewel lalu menolak makan alias GTM (Gerakan Tutup Mulut)
  • Waktu makan terlalu lama
  • Si Kecil tidak fokus dengan makanan dan malah sibuk bermain

Jika Moms mengalami hal di atasĀ  gak usah khawatir ya, Moms bisa coba ikuti tips di bawah ini agar si kecil perlahan-lahan bisa makan MPASI secara laha

Beri batasan waktu makan sebanyak 30 menit.

Tubuh Si Kecil akan mengirimkan sinyal yang mengatur rasa kenyang ke otak setelah ia makan 30 menit, jadi kemungkinan ia akan menolak makanan lebih dari waktu tersebut.

Jika takut Si Kecil hanya sempat makan sedikit, antisipasinya, setiap si Kecil mulai rewel karena lapar, saat itu pula coba tawarkan ia makan. Tak perlu terpatok jadwal. Beri makan ketika ia lapar, dan hentikan ketika ia mulai merasa kenyang.

Si Kecil pilah pilih makanan? Biarkan saja.

Jika saat anak mulai MPASI dan Si Kecil menolak karena tidak suka makanannya, biarkan saja. Tetap sajikan aneka bentuk, rasa, dan jenis makanan ke hadapan anak. Pilih-pilih makanan dilakukan bayi karena dia sedang bereksplorasi dengan rasa dan tekstur makanan.

Ketika Si Kecil sudah bisa memakan finger foods, biarkan ia memegang sendiri makanannya. Biarkan ia bereksplorasi dan mengenal sendiri jenis serta tekstur makanan. Tentunya, Parents tetap harus siap untuk menyuapi ketika Si Kecil mulai bosan/malah bermain dengan makanannya.

Makan Bersama

Kondisikan agar waktu makan tidak terasa seperti kewajiban atau momok bagi Si Kecil, tunjukkan bahwa seluruh keluarga melakukan hal yang sama dengan yang ia lakukan. Yang paling penting melakukannya dalam suasana yang menyenangkan agar Si Kecil mengingat waktu makan sebagai waktu yang menyenangkan.

Cukup Satu Orang

Biasakan memberi makan si Kecil oleh orang yang sama terus-menerus agar dapat mengamati lebih jeli kebiasaan makan Si Kecil, tekstur yang ia suka, rasa makanan yang ia suka, juga si Kecil akan merasa nyaman karena lebih mempercayai orang tersebut.

Kenali cara makan yang disukai anak

Membiasakan anak untuk makan dalam posisi duduk yang baik memang penting, namun jika Si Kecil mulai bosan, Parents dapat memberi selingan hiburan misalnya dengan mengajaknya bercerita, bermain tebak-tebakan, atau bernyanyi.

Saat anak mulai MPASI, waktu makan harus menyenangkan untuk Si Kecil. Proses makan yang dapat dinikmati Si Kecil tak hanya menyoal apa yang ia makan, tapi juga bagaimana cara ia makan, suasana di sekitarnya, dan siapa yang memberinya makan.

Saat si Kecil memiliki waktu makan yang menyenangkan, Parents pun dapat memberikan makanan pelengkap yang optimal bagi Si Kecil.

Baca Juga: Jangan Asal-asalan, Begini Cara Masak MPASI yang Bisa Memenuhi Kebutuhan Gizi Si Kecil

Baca Juga: Gak Usah Pakai yang Mahal, Berikut Rekomendasi Alat Tempur MPASI Si Kecil

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di The Asian Parent

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan The Asian Parent. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab The Asian Parent.

Oleh: Ida Umy Rasyidah