Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang umum menyerang wanita. Para ilmuwan telah menyelidiki banyak faktor yang dapat memengaruhi risiko terkena kanker payudara, termasuk genetika serta kontrasepsi hormonal. Namun, kanker payudara bisa dicegah dengan konsumsi kedelai lho. Mengapa begitu ya?

Produk kedelai, termasuk susu kedelai, tahu, miso, dan tempe, telah terbukti menurunkan risiko kanker payudara para orang yang berisiko. Sebuah studi pada tahun 2017 juga menemukan bahwa tingkat isoflavon dalam makanan yang mengandung kedelai tampaknya mengurangi risiko kematian pada wanita pengidap kanker payudara.

Beberapa penelitian lain, termasuk yang diterbitkan pada 2015 dan satu lagi pada 2019, menemukan bahwa wanita Jepang yang mengonsumsi sup miso dan isoflavon dalam jumlah yang lebih tinggi, senyawa yang ditemukan dalam makanan kedelai, tampaknya mengalami risiko kanker payudara yang lebih rendah.

“Masih menjadi misteri mengapa beberapa orang terkena kanker dan beberapa tidak, bahkan jika mereka tampaknya memiliki faktor risiko yang sama atau terlibat dalam perilaku perlindungan dan gaya hidup yang serupa,” ujar Dr. Leena Hilakivi-Clarke, seorang profesor onkologi di Georgetown Fakultas Kedokteran Universitas kepada Bustle."

Dr. Hilakivi mengatakan bahwa hubungan keseluruhan antara kedelai dan risiko kanker payudara yang lebih rendah tidak dapat disangkal. Unsur khusus kedelai yang efektif menurunkan risiko kanker payudara adalah genistein, sejenis isoflavon yang ditemukan dalam makanan kedelai.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Deodoran Jadi Penyebab Kanker Payudara?

"Saya tidak tahu persis mengapa genistein seumur hidup dan asupan makanan kedelai mengurangi risiko kanker payudara, tapi ternyata memang begitu," kata Dr. Hilakivi-Clarke kepada Bustle.