Menu

Gak Cuma Nyeri Dada, Tanda Serangan Jantung Pun Bisa Terlihat di Area Muka, Waspada Ya!

24 Mei 2022 14:15 WIB
Gak Cuma Nyeri Dada, Tanda Serangan Jantung Pun Bisa Terlihat di Area Muka, Waspada Ya!

Ilustastrasi kesehatan jantung. (pinterest/freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, mendengar kata serangan jantung pasti bikin kita bergidik. Ya, serangan jantung adalah peristiwa yang mengancam jiwa yang disebabkan oleh gangguan aliran darah ke jantung.

Dan tahu gak, Beauty, menurut Medical News Today, wanita lebih kecil kemungkinannya untuk selamat dari serangan jantung pertama mereka daripada pria. Ini mungkin karena gejalanya berbeda antara jenis kelamin. Jadi, wanita lebih cenderung mengalami serangan jantung ‘diam-diam’ atau menunjukkan gejala yang tidak biasa. Duh!

Karena itu, kamu perlu menyadari tanda-tanda serangan jantung sebelum kejadian, Beauty. Meskipun nyeri dada adalah tanda utama serangan jantung, tapi kamu bisa mendeteksi adanya risiko serangan jantung pada wajah, lho.

Berikut adalah beberapa tanda di wajah yang bisa menjadi petunjuk kondisi jantungmu, sebagaimana dikutip dari Times of India.

1. Timbunan kolesterol di sekitar kelopak mata

Salah satu tanda penyakit jantung di wajah bisa terlihat di area mata, Beauty. Ya, lemak alami, termasuk kolesterol, dapat membentuk pertumbuhan kekuningan yang datar atau sedikit meninggi di sekitar kelopak mata, yang disebut xanthelasma.

Nah, xanthelasma ini dikaitkan dengan kadar lipid abnormal dalam darah, yang dikenal sebagai dislipidemia. Dislipidemia meningkatkan risiko penumpukan kolesterol di dinding arteri. Penumpukan ini dapat membatasi aliran darah ke jantung, otak, dan area tubuh lainnya, meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer.

Telah dicatat bahwa orang dengan timbunan kolesterol di wajah juga dapat menderita arkus kornea, di mana timbunan kolesterol mengubah warna mata menjadi cincin buram putih, abu-abu atau biru yang muncul di tepi luar kornea.

Baca Juga: Catat! Ini 4 Makanan yang Wajib Kamu Hindari Ketika Sarapan, Tiati Banyak Penyakit Mengintai...

Baca Juga: Awas! Tidur Setelah Makan Bisa Picu Penyakit Jantung, Hati-hati Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.