Vagina merupakan salah satu organ tubuh wanita yang perlu diperhatikan kesehatannya. Pasalnya vagina sangat rentan terkena jamur karena kondisinya yang mudah lembap dan tertutup.

Jika vagina terkena infeksi jamur, itu akan menyebabkan rasa tak nyaman, seperti gatal dan mulai beraroma tak sedap. Untuk itu, penting menjaga kesehatan vagina. Salah satunya dengan cara menghindari konsumsi gula berlebih.

Gula jadi salah satu bahan makanan yang bisa membuat jamur menginfeksi vagina. Selain karena jamur menyukai gula, keadaan vagina yang lembap dan hangat juga semakin membuatnya betah hingga berkembang.

"Konsumsi banyak makanan tinggi gula dapat meningkatkan kemungkinan seorang wanita tertular infeksi jamur vagina di lingkungan yang tepat," ujar Christine Greves, MD, OB / GYN, pada Bustle.

"Jamur sangat menyukai gula, kehangatan, dan kelembapan. Makanan yang tinggi gula dapat meningkatkan risiko wanita untuk alami infeksi jamur," sambungnya.

Selain itu, Christine juga menjelaskan bahwa infeksi jamur pada vagina akan semakin parah jika tak memperhatikan kebersihan vagina. Misalnya membiarkan daerah vagina tetap berkeringat setelah olahraga.

"Jika lingkungannya hangat dan lembab; misalnya, jika tidak menjaga kebersihan setelah berkeringat di gym selama beberapa jam, itu bisa menciptakan lingkungan seperti ini (infeksi jamur)," terangnya.

Baca Juga: Vagina Gatal dan Mengeluarkan Bau Tak Sedap? Ternyata Stres Bisa Jadi Pemicunya Lho!

Selain itu, wanita yang suka mengonsumsi gula akan berisiko terkena diabetes. Jika wanita mengidap diabetes tentu ia akan lebih rentan tertular infeksi jamur.