Menu

Waduh... Obesitas Bisa Bikin Loyo dan Pengaruhi Gairah Seks di Ranjang? Ternyata Menurut Ahli...

25 Mei 2022 09:45 WIB
Waduh... Obesitas Bisa Bikin Loyo dan Pengaruhi Gairah Seks di Ranjang? Ternyata Menurut Ahli...

Ilustrasi wanita dengan obesitas. (Freepik/shurkin_son)

HerStory, Jakarta —

Hingga kini, penyuluhan tentang masalah obesitas dan hal-hal yang bisa saja mengancam kesehatan atau kesehariannya semakin jarang dibahas. Padahal, kondisi obesitas sangat berpengaruh terhadap gairah seksual lho.

Menurut Dr Tripti Sharan, Konsultan Senior, Ginekologi dan Kebidanan, Rumah Sakit BLK MAX, bila kita berbicara tentang obesitas, maka akan menimbulkan masalah, baik secara langsung maupun tak langsung. Demikian seperti dilansir dari Healthline. 

"Hal tersebut dapat memberikan stres dan menyebabkan seorang perempuan memiliki citra tubuh yang negatif. Selain itu, dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat berhubungan seks," tuturnya.

Selain itu, obesitas juga berpengaruh pada hormon. Tingkat lemak tubuh yang lebih tinggi berarti tubuh akan menghasilkan kadar globulin pengikat hormon seks yang lebih tinggi, yang mengikat hormon seks, testosteron.

Ketika ini terjadi, tubuh tak cukup untuk merangsang gairah.

“Itu karena sel-sel lemak menghasilkan banyak hormon, dan semuanya melewati otak Anda. Ini semua diatur oleh stres. Ada hormon, yang bisa menghambat hasrat seksual Anda. Semuanya bermuara pada saling ketergantungan pada hormon dan neurotransmiter, ”tambahnya.

Bukan itu saja – siklus menstruasi juga menjadi tak teratur, dan itu juga menyebabkan stres.

Selain itu, hal itu membuat seseorang rentan terhadap diabetes dan tekanan darah tinggi, yang pada gilirannya mempengaruhi kesehatan seksual dan reproduksi, kata Dr Sharan.

Dia juga percaya bahwa gaya hidup kita yang harus disalahkan. Kita sangat bergantung pada ponsel sehingga kita menjauhkan keintiman dari kehidupan kita.

“Orang-orang memeriksa ponsel mereka saat berhubungan seks, atau bahkan tak lama setelah itu. Kami memiliki tenggat waktu yang harus dipenuhi, dan kami selalu memikirkan pekerjaan. Ini berdampak pada hidup Anda, terlebih lagi dalam kasus perempuan. Itu karena semuanya terhubung ke otak kita,” jelas Dr Sharan.

Baca Juga: Tanpa Disadari, Kebiasaan Ini Bikin Berat Badan Naik, Waspada Obesitas Moms!

Baca Juga: Banyak yang Gak Tahu, Obesitas Ternyata Bisa Picu Penyakit Maag Lho Beauty! Begini Penjelasannya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza