Kunyit merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk obat-obatan tradisional. Karena kunyit memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kini, kunyit juga dipercaya bisa membantu meningkatkan kesuburan dan menjaga kesehatan rahimmu!

Berikut ini adalah deretan manfaat kunyit untuk kesuburan dan kesehatan rahim yang sudah dirangkum (25/08/2020) HerStory dari berbagai sumber! Penasaran?

Membantu Atasi PCOS

Polycystic ovary syndrome atau PCOS merupakan sebuah gangguan hormon yang bisa membuat banyaknya folikel-folikel cairan di ovarium sehingga bisa mengakibatkan sel telur kita susah terlepas. Jika kondisi ini terjadi, maka kamu akan sulit mengalami pembuahan. Suplemen kunyit dipercaya mampu membantu kamu dalam meringankan PCOS lho!

Atasi Tuba Falupi yang Tersumbat

Tuba falopi merupakan sebuah salurang yang menghubungkan indung telur atau ovarium dengan rahim. Jika terjadi penyumbatan di area tersebut maka akan membuat proses bertemunya sprema dan sel telur menjadi kesulitun, hal ini juga akann membuat kehamilan menjadi sulit terjadi.

Tetapi, jika kamu rutin dalam meminum kunyit maka dipercaya bisa membantu dalam meringkankan kondisi ini. Hal ini bisa terjadi karena adanya kandungan cucurmin, bahan kimia alami yang memiliki kandungan antioksidan dan memiliki sifat anti-peradangan. Meski begitu sangat disarankan untuk tetap menjaga jumlah yang harus kamu konsumsi ya, lebih baik sebanyak 8 gram per harinya!

Ringankan Endometriosis

Endometriosis sendiri merupakan gangguan yang menyebabkan lapisan rahim tubuh di luar rahim. Jika ini terjadi maka akan menghambat proses pembuahan dan kehamilan. Enggak hanya itu, lho, endometriosis juga bisa menimbulkan rasa sakit di daerah panggul.

Kandungan cucurmin yang memiliki sifat anti-peradangan dan juga antioksidan dipercaya mampu membantu meringankan gejala dari endometriosis. Selain itu, cucurmin juga bisa membantu menurunkan produksi estradiol yaitu salah satu bentuk estrogen yang berkaitan erta dengan endometrosis.

Mencegah Preeklampsia

Preeclampsia merupakan salah satu jenis komplikasi kehamilan yang diakibatkan karena tingginya tekanan darah. Penyebab dari kondisi ini hingga sekarang masih belum bisa diketahui secara pasti, namun adanya peradangan di dalam tubuh memiliki peran yang penting.

Baca Juga: Nonton Drama Korea Bisa Bikin Janin Stres? Ini Alasannya!

Hal ini yang akhirnya membuat kunyit menjadi saran makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil. Kunyit yang memiliki zat cucurmin yang berlimpah serta memiliki sifat anti peradangan. Namun, tetap harus diperhatikan ya jumlah konsumsi kunyit kamu agar enggak menjadi bahaya untuk kesehatan calon buah hati.